Kapolri Ungkap Kesiapan Polri Sambut Pilkada 2024

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, dalam peluncuran di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin, 24/6/2024 | dok. Humas Polri
Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, dalam peluncuran di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin, 24/6/2024 | dok. Humas Polri

FORUM KEADILAN – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa rangkaian kegiatan pada perayaan HUT ke-78 Bhayangkara menjadi cooling system menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (PKPU) menetapkan Pilkada serentak 2024 digelar 27 November.

Bacaan Lainnya

“Rangkaian hari Bhayangkara tahun ini juga menjadi bagian dari pengabdian masyarakat dan cooling system untuk meningkatkan kepedulian, kebersamaan, dan sinergitas,” ujar Listyo Sigit, dalam puncak acara HUT ke-78 Bhayangkara di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 1/7/2024.

Sigit mengatakan bahwa pemetaan Indeks Potensi Kerawanan Pilkada sudah dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia dalam menyambut Pilkada 2024 mendatang.

“Polri sudah melakukan pemetaan melalui Indeks Potensi Kerawanan Pilkada sebagai dasar melaksanakan Operasi Mantap Praja dan Satgas Nusantara Cooling System,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh anggota Polri untuk menjaga netralitas dalam tahapan Pilkada 2024.

Jokowi juga meminta agar Polri turut mendukung dan menyukseskan pelaksaan Pilkada 2024.

“Sebentar lagi kita akan memasuki tahapan Pilkada 2024, saya minta Polri turut mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi ini, jaga netralitas, jaga stabilitas dan jaga demokrasi kita agar pilkada dapat berlangsung dengan aman jujur dan adil,” tuturnya.*

Laporan Ari Kurniansyah