Surya Paloh soal PKS Usung Sohibul Iman sebagai Cagub Jakarta: Bagus

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat ditemui di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 24/6/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat ditemui di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 24/6/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menanggapi langkah politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Paloh menganggap dukungan PKS terhadap kadernya sendiri merupakan langkah yang bagus.

Bacaan Lainnya

“Bagus jugalah iya, kan? Pak Sohibul didukung sebagai apa?” kata Paloh seraya bertanya kepada wartawan di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 24/6/2024.

“Calon gubernur,” jawab wartawan.

Namun, Paloh menilai, dukungan PKS terhadap Sohibul Iman masih belum pasti. Dia menganggap dukungan tersebut bisa saja berubah di kemudian hari.

“Ya sudah kan bisa aja terjadi barangkali perubahan-perubahan. Mungkin hari ini barangkali Pak Sohibul bisa beda lagi kan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, PKS resmi mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

“Sebagai Partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai calon gubernur DKI Jakarta,” kata Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri dalam keterangannya, Minggu, 23/6.

Menurut Mabruri, Sohibul dinilai pantas untuk diusung karena memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. Sohibul dianggap berhasil selama memimpin PKS pada periode sebelumnya.

Selama menjabat sebagai Presiden PKS, Sohibul dianggap mampu meningkatkan perolehan suara dan kursi secara signifikan di parlemen. Dari 40 kursi di 2014, menjadi 50 kursi di periode pemilu selanjutnya.

Kemudian, di Pemilu 2014, PKS meraih sekitar 8,46 juta suara atau 6,77 persen. Lalu, di kontestasi politik selanjutnya, partai ini mengantongi 11,49 juta suara atau 8,21 persen.

“Artinya, beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik,” ungkapnya.

Selain itu, Sohibul juga terpilih sebanyak tiga kali sebagai anggota DPR pada periode 2009-2014, 2014-2019, dan 2024-2029. Dia juga sempat menjadi Wakil Ketua DPR RI.

Sohibul pun dikenal sebagai seorang teknokrat dan cendekiawan Muslim. Ia lama berkecimpung di bidang teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi.

Sohibul juga pernah menjadi rektor di Universitas Paramadina serta memimpin berbagai lembaga nirlaba yang fokus dalam pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

“Pak Sohibul Iman ini figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. Beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang andal, politisi yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan,” tukasnya.*

Laporan M. Hafid