Puji Elektabilitas Anies, Surya Paloh: Capek Juga Orang Hadapi Dia di Jakarta

Ketua Umum NasDem Surya Paloh saat ditemui di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 24/6/2024. I M. Hafid/Forum Keadilan
Ketua Umum NasDem Surya Paloh saat ditemui di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 24/6/2024 I M. Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membicarakan soal potensi partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Paloh menyebut, Anies punya elektabilitas paling tinggi di Jakarta dibanding dengan bakal calon gubernur lainnya.

“Kalau saya mendapatkan dari berbagai sumber (survie) iya memang Anies Baswedan yang saat ini amat sangat mendominasi skor daripada seluruh survie, rengkingnya nomor satu dia,” kata Paloh kepada wartawan di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 24/6/2024.

Menurut Paloh, bakal calon gubernur lainnya akan kewalahan apabila berhadapan dengan Anies di Jakarta.

“Saya pikir capek juga orang menghadapi dia di Jakarta ini,” ujarnya.

Namun, lanjut Paloh, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa saja berhadapan dengan Anies dan mampu untuk menyeimbangkan kekuatan Anies di Jakarta.

“Bagusnya juga kalau memang Bung Ridwan Kamil mau kan supaya ada keseimbangan dikit kan,” ungkapnya.

Saat ditanya soal kemungkinan NasDem masih menjadi perahu bagi Anies untuk berselancar di Pilkada Jakarta, Paloh menjawab bahwa hal itu bisa saja terjadi.

Bagi Paloh, kekalahan Anies pada saat pemilihan presiden (Pilpres) 2024 lalu, bukanlah suatu kesalahan. Sehingga lanjut dia, tidak ada alasan untuk tidak mempertahankan Anies.

“Iya kalau itu memang bisa dipertahankan, baik dong. Logikanya kan ke sana arahnya, apa yang salah dalam perjalanannya? Apakah kekalahan dalam pilpres itu sebuah kesalahan? Kan tidak. Lain kalau kita bilang, ‘haaa you sudah salah.’ Kenapa? Karena kalah dalam pencalonan pilpres,” bebernya.

Paloh juga mengungkapkan bahwa dirinya dengan Anies masih terus bersilaturahmi. Kendati begitu, Paloh masih melihat perkembangan ke depan untuk menyatakan dukungan kepada Anies.

“Enggak juga. Kita lihat beberapa perkembangan beberapa waktu ke depan ya,” tuturnya.

Menurut dia, pihaknya tidak tergesa-gesa untuk menyatakan dukungan di Pilkada Jakarta.

“Nasdem itu yang paling terakhir,” pungkasnya.

Laporan M. Hafid