Kaesang soal Gerindra Siap Usung untuk Cagub Jakarta: Enggak Masalah

Ketum PSI Kaesang Pangarep saat di Gedung Dakwah Muhammadiyah DKI Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat, 21/6/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan
Ketum PSI Kaesang Pangarep saat di Gedung Dakwah Muhammadiyah DKI Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat, 21/6/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menanggapi soal Partai Gerindra membuka opsi untuk mengusung dirinya sebagai calon gubernur (Cagub) Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kaesang mengaku tidak masalah jika memang nantinya diusung sebagai Cagub oleh Gerindra dan partai-partai yang lain.

Bacaan Lainnya

“Ya selama memang didukung oleh partai-partai enggak masalah juga,” kata Kaesang kepada wartawan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat, 21/6/2024.

Namun, Kaesang menegaskan bahwa dirinya dalam menerima berbagai opsi dukungan tersebut tidak dalam mencari popularitas dan elektabilitas semata.

“Tapi yang paling penting etos kerja nanti buat masyarakat Jakarta,” tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, partainya membuka opsi untuk mencalonkan siapa saja, termasuk Ridwan Kamil dan Kaesang untuk diusung sebagai Cagub di Pilkada Jakarta.

“Jadi segala macam opsi tentu sudah ada. Kalau enggak bisa A, ya B, kalau enggak bisa B ya C,” kata Habiburokhman di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 20/6.

Wartawan pun bertanya soal kemungkinan nama Kaesang turut dipertimbangkan oleh Gerindra.

“Apa pun, kalau Kaesang kan memenuhi syarat untuk maju,” jawabnya.

Habib mengaku dirinya tidak terkejut jika kemudian Kaesang yang justru diusung Gerindra sebagai Cagub Jakarta, bukan Ridwan Kamil.

“Enggak ada masalah menurut saya (Kaesang yang dimajukan). Tapi, keputusannya nanti disampaikan,” ucapnya.

Meski begitu, Habib menuturkan bahwa partainya masih menginginkan Ridwan Kamil untuk tetap maju di Pilkada Jakarta. Sebab, kata dia, mantan Gubernur Jawa Barat itu memiliki potensi untuk berlaga di Jakarta.

Apalagi, lanjut Habib, Ridwan Kamil sudah berpengalaman menjadi kepala daerah di Kota Bandung selama dua periode.

“Karakteristiknya (Bandung) mirip Jakarta. Banyak masalah-masalah yang mirip di Jakarta diselesaikan di Kota Bandung, kemudian di Jawa Barat (gubernur) sekali. Jadi orang tahu nih kapasitasnya walaupun dia sosok baru,” pungkasnya.*

Laporan M. Hafid