BPIP Ajukan Tambahan Anggaran Rp100 M di 2025

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) | Dok - BPIP
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) | Dok - BPIP

FORUM KEADILAN – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp100 miliar di 2025.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi dalam rapat bersama dengan Komisi II DPR, Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa, 11/6/2024.

Bacaan Lainnya

“Pimpinan Komisi II yang kami hormati, BPIP mengajukan usulan tambahan anggaran 2025 dengan total senilai Rp100 miliar,” ujar Yudian dalam rapat.

Anggaran sebesar Rp45,59 miliar itu diproyeksikan akan digunakan untuk sosialisasi Pancasila dengan melibatkan content creator, YouTuber, influencer hingga TikToker.

“Delapan, pelaksanaan sosialisasi Pancasila untuk content creator, YouTuber, influencer, TikToker sebesar Rp45.594.500.000,” tuturnya.

Kemudian, dana sebesar Rp18 miliar digunakan untuk penguatan jaringan relawan Pancasila melalui penanaman nilai-nilai Pancasila dengan melibatkan pemerintah, legislatif, dan komponen lainnya.

Lalu, peningkatan penyelarasan rancangan produk hukum dan pengawasan regulasi sebesar Rp4 miliar. Penyelenggaran diklat pembinaan ideologi Pancasila sebesar Rp4 miliar.

“Enam, pelaksanaan pengukuran pelembagaan Pancasila sebesar Rp5 miliar,” tuturnya.

Pagu alokasi anggaran BPIP pada 2024 sebesar Rp342 miliar dengan pengalokasian anggaran per program yakni Rp182,6 miliar untuk program dukungan manajemen, dan Rp159,6 miliar untuk program pembinaan ideologi Pancasila.

Diketahui, tahun lalu komisi II DPR menyetujui usulan tambahan anggaran yang diajukan BPIP sebesar Rp149 miliar.*