Jokowi-Prabowo Upacara di IKN, Ma’ruf-Gibran di Jakarta

Rantis Maung
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjajal mobil kendaraan taktis buatan dalam negeri yang diberi nama 'Maung' oleh Jokowi seusai pembukaan Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di kantor Kemenhan, Jakarta, Rabu (18/1/2023). | Dok Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Di sisi lain, Wakil Presiden (Wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka akan upacara di tempat terpisah, karena pemerintah berencana menggelar dua upacara pada tahun ini.

Bacaan Lainnya

“Sebagian di IKN, sebagian di sini. Pak Presiden yang mimpin (di IKN), Pak Wapres yang (mimpin di Jakarta),” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 10/6/2024.

“Nanti Pak Wapres Terpilih akan mendampingi Wapres (Ma’ruf Amin), sedangkan Presiden Terpilih akan mendampingi Presiden,” lanjutnya.

Namun, Muhadjir tidak menjelaskan mengapa upacara tahun ini digelar di dua lokasi dan hanya mengatakan bahwa rencana ini masih terus digodok oleh pemerintah.

Ia menyebut bahwa kemungkinan sebagian pejabat yang ikut upacara di IKN tak menginap dan mereka akan tiba di IKN beberapa jam sebelum upacara.

“Ada kemungkinan duta besar juga nanti di IKN dan tidak menginap, jadi langsung upacara, langsung balik,” ungkapnya.

Muhadjir mengatakan belum ada daftar lengkap pejabat yang ikut melaksanakan upacara di IKN maupun di Jakarta. Ini semua masih dikaji secara matang.

“Pak Presiden merekomendasi pokoknya harus jadi perhatian, tokoh-tokoh itu harus dapat perhatian. Soal nanti di sini atau di IKN nanti belakangan,” pungkasnya.*