NasDem Usung Ilham Habibie di Pilgub Jabar 2024

Partai NasDem resmi mengusung putra Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024.
Partai NasDem resmi mengusung putra Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024 | Instagram @official_nasdem

FORUM KEADILANPartai NasDem resmi mengusung putra Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024.

Surat rekomendasi NasDem untuk Ilham maju di Pilgub Jabar diserahkan langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis, 6/6/2024.

Bacaan Lainnya

“DPP Partai NasDem telah menetapkan arti kehadiran saudara sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Provinsi Jawa Barat pada Pilkada yang insyaallah akan berlangsung pada bulan November,” kata Paloh, dikutip, Jumat, 7/6.

Paloh mengatakan, Partai NasDem meyakini bahwa Ilham memiliki kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas yang cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat.

“Bagi kita tidak hanya sekedar mencalonkan Anda dengan latar belakang, hubungan kedekatan antara keluarga besar NasDem dengan orang tua yang kita anggap selama ini sebagai sahabat, yaitu Bapak almarhum BJ Habibie. Tapi kami juga mempunyai keyakinan sepenuhnya, bahwasanya kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas yang anda miliki ini cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat,” ungkapnya.

Paloh berharap pengusungan Ilham akan mendapat dukungan dari koalisi yang akan dibentuk nanti. Menurutnya, pengusungan Ilham sangat berarti bagi progres pembangunan di wilayah Jawa Barat.

“Mudah-mudahan perjuangan dan langkah awal ini akan diikuti dengan hasil yang membesarkan hati kita semua. Untuk itulah, saat ini saya menyerahkan rekomendasi ini pada saudara,” kata Paloh.

Dalam kesempatan yang sama, Ilham Habibie mengungkap alasan menerima pinangan NasDem untuk maju di Pilgub Jabar.

Ilham mengakui bahwa sebelumnya ia tidak tertarik dengan aktivitas politik, hingga akhirnya ia mencoba berdiskusi dengan beberapa orang.

“Jadi saya waktu itu diskusi sama saudara, mereka katakan kepada saya atau satu orang sebetulnya, ‘Kenapa ya, Ham, kamu enggak mencoba jadi gubernur?’ DKI waktu itu ya. Saya bilang, ‘Wah saya kan bukan orang politik.’ Begitu saya bilang,” ungkap Ilham.

Ilham mengaku mendapat pencerahan dari teman-teman diskusinya mengenai figur baru di kancah perpolitikan. Akhirnya, ia melihat peluang dan merasa cocok untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah di Pilkada Jabar 2024 melalui NasDem.

“Setelah itu saya mulai berdiskusi dengan banyak orang, karena ide itu berkembamg di benak saya. Kemudian enggak tau bagaimana, keliatannya saya ada peluang melalui Nasdem,” ungkap Ilham.

Ilham mengaku bahwa proses pendekatannya dengan Partai NasDem terbilang singkat, yaitu sekitar tiga minggu.

“Jadi rupanya begitu di NasDem itu mulai kita diskusi, itu cepat sekali ada komitmen dan akhirnya juga cocok dari sisi pemikiran dan lain sebagainya sehingga kita sekarang hari berada disini ya dalam waktu tiga minggu,” ujarnya.

“Ini perkembangan turbo. Tapi memang begitu, saya juga banyak kalau melihat hal-hal lain yang terjadi dalam hidup saya dan orang lain memang begitu kita tidak tahu menau, tahu-tahu ‘wow’ begitu ya kita berada di satu posisi yang sebelumnya kita tidak menyangka bahwa kita akan menjadi seperti itu,” tambah Ilham.

Adapun alasan Ilham menerima pinangan NasDem untuk maju dalam Pilgub Jabar ialah karena ingin memajukan dan mengembangkan sektor industri di Jawa Barat.*