MK Kabulkan Seluruh Permohonan PDIP di Dapil Gorontalo 2

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo | Ist
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo | Ist

FORUM KEADILAN – Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan seluruh permohonan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terhadap Partai Amanat Nasional (PAN).

Perkara tersebut teregister dengan Nomor 143-01-03-29/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 untuk pengisian keanggotaan DPRD Kabupaten Gorontalo, daerah pemilihan (dapil) Gorontalo 2.

Bacaan Lainnya

“Mengabulkan permohonan Pemohon untuk seluruhnya. Menyatakan hasil perolehan suara partai politik dan calon anggota DPRD Kabupaten Gorontalo sepanjang Dapil Gorontalo 2 harus dilakukan pemungutan suara ulang (PSU),” ucap Ketua MK Suhartoyo saat membacakan amar putusan dalam sengketa PHPU Pileg, Kamis, 6/6/2024.

Selanjutnya, Mahkamah memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 02 Desa Tuladenggi, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, untuk pengisian anggota DPRD Kabupaten Gorontalo di dapil Gorontalo 2.

MK meminta agar PSU dilakukan dalam jangka waktu paling lama 21 hari sejak pembacaan putusan.

“Memerintahkan Termohon, in casu KPU Kabupaten Gorontalo untuk menggabungkan hasil pemungutan suara ulang dimaksud dengan hasil perolehan suara untuk pengisian anggota DPRD Kabupaten Gorontalo di dapil Gorontalo 2 yang tidak dibatalkan oleh Mahkamah serta menetapkan dan mengumumkannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan tanpa perlu melaporkan kepada Mahkamah,” ucap Suhartoyo.

Sebelumnya, PDIP mengajukan permohonan untuk keanggotaan DPRD Kabupaten Gorontalo, dapil Gorontalo 2 karena dianggap telah terjadi pelanggaran. Pelanggaran yang dimaksud ialah adanya perusakan kertas suara yang dilakukan oleh petugas KPPS.

Menurut PDIP, pelanggaran tersebut memengaruhi perolehan kursi PDIP untuk pengisian keanggotaan DPRD Kabupaten Gorontalo dapil Gorontalo 2 untuk perolehan kursi ke-8.

Berdasarkan rekapitulasi versi KPU, PAN mendapatkan kursi kedelapan dengan perolehan suara sebanyak 3.077. Sedangkan PDIP berada di bawahnya dengan perolehan 3.029 suara.

Dalam petitumnya, mereka meminta agar MK memerintahkan KPU Kabupaten Gorontalo untuk melakukan pemungutan suara ulang di TPS 02 Desa Tuladenggi, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.*

Laporan Syahrul Baihaqi