Pedangdut Nayunda Akui Minta Jadi Honorer di Kementan Lewat Putri SYL

Penyanyi dangdut Nayunda Nabila Nizrinah di sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu, 29/5/2024 | Merinda Faradianti/Forum Keadilan
Penyanyi dangdut Nayunda Nabila Nizrinah di sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu, 29/5/2024 | Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Penyanyi dangdut Nayunda Nabila Nizrinah yang disebut titipan dari putri eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Indira Chunda Thita, mengakui sempat meminta menjadi tenaga honorer di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Saya yang pertama meminta. Awalnya saya minta ke Bu Bibi, ya sudah bilang ke Ibu Thita. Kemudian saya sampaikan,” katanya di sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan), di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu, 29/5/2024.

Bacaan Lainnya

Meski putri SYL itu bukan bagian dari Kementan, Nayunda tetap menyerahkan curriculum vitae (CV) kepada Thita dan tak lama langsung dihubungi pihak Kementan. Biduan cantik itu menerima gaji sebanyak Rp4,3 juta per bulan, namun Nayunda mengaku hanya masuk dua kali selama setahun.

“Ada tes wawancara tapi tidak terlalu formal. Saya di bagian umum. Setelah masuk dua hari saya ada show di Makassar, besokannya Bu Thita menghubungi saya untuk enggak usah masuk lagi,” jelasnya.

Tetapi, setelah memutuskan tidak masuk lagi Nayunda tetap menerima gaji setiap bulannya. Ia mengaku tak tahu bahwa gaji tersebut tetap masuk, dan ketika mengetahuinya dirinya tidak berani menanyakan kepada Thita.

Tak hanya itu, Nayunda juga pernah meminta kepada bagian umum untuk pembayaran apartemennya. Hal itu dilakukannya setelah tidak bekerja lagi di Kementan.

“Juga pernah dikirimkan tas oleh Pak Hatta (eks Direktur Alat dan Mesin Kementan), katanya dari Pak Menteri. Terus, Pak Kasdi juga pernah mentransfer Rp25 juta. Katanya juga arahan dari Pak Menteri,” bebernya.

Nayunda disebut-sebut pada sidang sebelumnya telah menerima uang dari SYL sebesar Rp50-100 juta saat mengisi acara di Kementan. Nayunda juga pernah menerima karangan bunga dan kue saat ulang tahun dari SYL dengan menggunakan uang Kementan.*

Laporan Merinda Faradianti