PAN Dukung Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024, Tak Takut Hadapi Ahok

Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) | Instagram @zul.hasan
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) | Instagram @zul.hasan

FORUM KEADILAN – Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Daulay mengatakan, partainya akan mendukung Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai calon gubernur Sumatra Utara (Sumut) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Kalau PAN memang jauh hari sudah memberikan dukungan kepada Bobby, jadi secara lisan Ketua Umum PAN Bang Zulkifli Hasan ketika berkunjung ke Medan kemudian ada Bobby Nasution,” kata Saleh di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 27/5/2024.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Saleh mengatakan, Zulhas juga sudah mendorong Bobby berkomunikasi dengan partai politik (parpol) lain untuk berkoalisi.

“Sudah menugaskan Bobby Nasution untuk melakukan komunikasi politik dengan partai-partai yang ada. Kemudian menugaskan Bobby Nasution melakukan percepatan-percepatan akselerasi untuk meningkatkan elektabilitas,” ujar Saleh.

“Dan sampai sekarang ini kita belum mendapatkan laporan bagaimana konteksnya, apakah sudah ada partai yang mendukung berapa yang mendukung, yang kita tahu kemarin beliau mendaftar sebagai anggota Partai Gerindra,” katanya.

Saleh juga mengaku, tidak takut dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok jika maju di Pilkada Sumut 2024. Menurutnya, meskipun Ahok memiliki peluang untuk menang di Pilgub Jakarta, namun belum tentu kuat di Sumut.

“Masa kita takut dengan Ahok, kan nggak lah. kalau di Jakarta mungkin Ahok kuat, kalau di Medan kan siapa tahu. kan ini baru nih wacana, masuk narasi, dan belum ada juga kan keputusannya apakah memang benar-benar Ahok masuk ke sana,” imbuhnya.

PDIP Usung Ahok di Pilkada Sumut?

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Sumatra Utara (Sumut) Rapidin Simbolon mengatakan bahwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) siap untuk diusung dalam Pilkada Sumut 2024. Ahok dipersiapkan untuk menjadi penantang menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution.

“Dengan Pak Ahok saya sudah dua kali berkomunikasi. ‘Pak kalau Anda diterjunkan di Sumut siap nggak, siap nggak Pak Ahok?’” ujar Rapidin menirukan pertanyaannya kepada wartawan pada Sabtu, 25/5.

“‘Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut, ke Papua juga saya siap’. Itu jawaban kader sejati,” lanjutnya menirukan jawaban Ahok.

Sementara, saat dikonfirmasi terkait dirinya disiapkan untuk Pilkada Sumut, Ahok mengaku tidak begitu mengetahui mengenai daerah Sumut.

“Nggak lah. Saya juga nggak gitu paham Sumut juga,” ujar Ahok usai gelaran Rakernas Partainya di Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 26/5.

Namun, Ahok mengaku telah diberikan tugas oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, bukan untuk maju di Pilkada 2024.

Menurut Ahok, Mega hanya memintanya untuk membantu Partai untuk menghadapi Pilkada yang digelar November mendatang.

“Saya sama Ibu nggak pernah ngomongin soal Pilkada. Cuma ngomongin bantu teman-teman,” tuturnya.*