Megawati Tetap Jadi Ketua Umum PDIP sampai 2030

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas V, Minggu, 26/5/2024. | Dok. PDIP
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas V, Minggu, 26/5/2024. | Dok. PDIP

FORUM KEADILAN – PDIP merekomendasikan agar Megawati Soekarnoputri tetap menjadi Ketua Umum PDIP periode 2025-2030.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat membacakan rekomendasi eksternal hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP yang diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 26/5/2024.

Bacaan Lainnya

“Rakernas V Partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia memohon kesediaan Prof. DR. Megawati Soekarnoputri untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Periode 2025-2030 pada Kongres VI tahun 2025,” kata Puan.

Puan juga menyampaikan bahwa partainya sudah melakukan kajian mendalam atas semua persoalan bangsa dan negara, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Menurut Puan, semua persoalan tersebut memiliki nilai kerawanan yang harus dicermati langkah mitigasinya sehingga tidak menciptakan krisis.

Selain itu, Ketua DPR RI itu juga menyampaikan bahwa dalam menghadapi transisi pemerintahan ke depan, partai politik membutuhkan sosok ketua yang tanguh. Oleh sebab itu, kata dia, Rakernas PDIP V memberikan kewenangan penuh kepada Megawati untuk menentukan sikap politik partai ke depan.

“Oleh karena itu Rakernas V Partai memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan selesai dengan ketentuan Pasal 15 Anggaran Rumah Tangga PDI Perjuangan untuk menentukan sikap politik Partai terhadap pemerintah,” tandasnya.

Seperti diketahui, PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang diselenggarakan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara selama tiga hari, mulai 24 hingga 26 Mei 2024.

Ada tiga tema yang diangkat dalam gelaran Rakernas kali ini, salah satunya soal posisi dan sikap politik PDIP terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan.

Laporan M. Hafid