Ada Kader PDIP Melanggar Etika Politik, Puan Menangis Mohon Maaf

Ketua DPP PDIP Puan Maharani membacakan rekomendasi eksternal hasil Rakernas V PDIP yang diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 26/5/2024. | Dok. PDIP
Ketua DPP PDIP Puan Maharani membacakan rekomendasi eksternal hasil Rakernas V PDIP yang diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 26/5/2024. | Dok. PDIP

FORUM KEADILAN – Ketua DPP PDIP Puan Maharani menangis saat membacakan rekomendasi eksternal hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP yang diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 26/5/2024.

Puan menitikkan air matanya saat menyampaikan ucapan terima kasih kepada para kader dan rakyat Indonesia yang telah mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung PDIP di Pilpres 2024.

Bacaan Lainnya

“Rakernas V Partai mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD,” kata Puan.

Ucapan tersebut sontak mendapat teriakan dan tepuk tangan dari para kader PDIP yang hadir dalam cara tersebut.

Tangis Puan kembali pecah saat Ketua DPR RI itu berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan kepercayaannya kepada PDIP sehingga memenangkan Pileg 2024.

“Dan PDI Perjuangan dipercaya rakyat memenangkan pemilu legislatif tiga kali berturut-turut, kepercayaan rakyat harus diwujudkan untuk memperbaiki tiga pilar partai (struktural, legislatif, dan eksekutif),” ungkapnya.

Usai menyampaikan terima kasih, Puan tampak mengambil nafas panjang dan mengucapkan permohonan maaf lantaran terdapat kader partainya yang tidak menjunjung etika politik.

“Sehubungan dengan adanya perilaku kader partai yang tidak menjunjung tinggi etika politik, tidak berdisiplin, dan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ideologi partai, serta melakukan pelanggaran konstitusi dan demokrasi, Rakernas V Partai menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia,” tuturnya.

Seperti diketahui, PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Beach City International Ancol. Rakernas tersebut digelar selama tiga hari mulai 24 hingga 26 Mei 2024.*

Laporan M. Hafid