Sinyal Kuat PDIP Pilih Jalur Oposisi

Megawati menyalakan obor di Rakernas PDIP, Jumat, 24/5/2024. I M.Hafid/Forum Keadilan
Megawati menyalakan obor di Rakernas PDIP, Jumat, 24/5/2024. I M.Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan sinyal keras bahwa partainya akan berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal itu disampaikan Megawati melalui pidatonya di Rakernas V PDIP pada Jumat, 24/5/2024 kemarin. Katanya, PDIP merupakan partai yang memiliki keteguhan serta keberanian, sehingga Megawati meminta kadernya agar keluar dari zona nyaman.

Bacaan Lainnya

Dari pidato itu, Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Lili Romli melihat terdapat tiga poin penting yang disampaikan di sana.

“Pertama, kritik terhadap penyelenggaraan pilpres dianggapnya terjadi TSM (terstruktur, sistematis, dan masif). Kedua, pentingnya checks and balances dalam pemerintahan. Ketiga, meski tidak tersurat, tampaknya PDIP akan mengambil posisi di luar pemerintahan, yakni sebagai oposisi, meski Megawati tidak setuju dengan istilah tersebut,” katanya kepada Forum Keadilan, Sabtu, 25/5.

PDIP di bawah kepemimpinan Megawati, kata Lili, memang lebih condong menjadi oposisi. Hal itu, disebabkan karena kecewa pada sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi), kader PDIP yang mendukung kemenangan Prabowo-Gibran.

Lili juga menilai, PDIP kecewa pada sikap politik Gibran yang memilih menjadi wakil Prabowo.

Meski hingga kini PDIP belum menyatakan sikap politik secara resmi, Lili menilai di tubuh partai banteng itu sedang terjadi perpecahan. Di mana, menurutnya, ada sebagian kader yang ingin PDIP berada di dalam pemerintahan. Sedangkan sebagian lagi, ingin berada di luar pemerintahan.

“Bila mencermati pidato Megawati, ibu Mega ingin partainya menjadi oposisi,” tegas Lili.

Lili juga menyinggung soal kedekatan Ketua DPR Puan Maharani dengan Presiden Jokowi di World Water Forum (WWF) yang berlangsung di Bali kemarin.

“Peristiwa foto bersama antara Jokowi dengan Puan tersebut, saya kira tidak serta-merta disimpulkan PDIP akan merapat. Foto bersama itu sebagai bagian dari mewakili sebagai Ketua DPR. Untuk keputusan oposisi atau tidak, saya melihat tetap ada pada Megawati,” ujarnya.*

Laporan Merinda Faradianti