Gibran soal Jokowi Tak Diundang ke Rakernas PDIP: Masa Enggak?

Wali Kota Solo yang juga cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, Selasa, 28/11/2023
Gibran Rakabuming Raka | Ist

FORUM KEADILAN – Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengaku heran mengenai PDI Perjuangan yang tidak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V.

Diketahui, Rakernas V PDIP akan digelar di Ancol pada 24-28 Mei 2024 nanti.

Bacaan Lainnya

Gibran mengungkapkan bahwa tidak tahu menahu mengenai tidak diundangnya Jokowi ke Rakernas V PDIP.

“Masa enggak diundang? Diundang kok. Saya enggak tahu ya,” ujar Gibran Rakabuming Raka, Senin, 20/5/2024.

Gibran meminta kepada wartawan untuk menanyakan secara langsung ke PDIP.

“Tanya saja ke teman-teman PDI-P,” tuturnya.

Ketika ditanya oleh wartawan apakah dirinya diundang ke Rakernas PDIP, Gibran mengaku tidak tahu, tetapi mengungkapkan akan datang bila mendapatkan undangan.

“Coba nanti saya lihat, undang sudah sampai belum. (Diundang datang) Insyaallah datang kalau ada undangannya,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat memastikan pihaknya tidak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V.

Mulanya, Djarot mengatakan bahwa Rakernas PDIP akan dilakukan dengan dua skema, tertutup dan terbuka. Adapun yang diadakan secara terbuka hanya pada saat pembukaan dan penutupan Rakernas.

“Dan nanti hari minggu di acara penutupan itu akan disampaikan rekomendasi dari Rakernas secara yang sifatnya eksternal kepada media, artinya pada penutupan akan dilakukan secara terbuka,” kata Djarot saat konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 16/5/2024.

Kemudian mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan bahwa sikap dan posisi PDIP akan ditentukan di dalam Rakernas dan akan dibahas secara tertutup. Dia pun meminta agar awak media bersabar menunggu keputusan tersebut.

“Sikap dan posisi PDIP itu sebetulnya ada dua macam, satu bagaimana sikap dan posisi PDIP di dalam pemerintahan ke depan dan bagaimana sikap dan posisi PDIP menyikapi berbagai macam dinamika geopolitik secara global untuk mendorong terwujudnya perdamaian dunia yang abadi seperti yang termaktub dalam UUD 45,” ujarnya.

“Tentang bagaimana ketegasan dari sikap politik PDIP sebaiknya ditunggu saja, ya ditunggu saja,” imbuhnya.

Lebih lanjut Djarot mengungkapkan bahwa PDIP tidak akan mengundang Presiden Jokowi dalam Rakernas tersebut lantaran sang presiden sudah sangat sibuk. Selain itu, acara Rakernas hanya akan diikuti oleh pihak internal saja.

“Yang jelas presiden dan wakil presiden tidak diundang, kenapa? Karena beliau sudah sangat sibuk dan menyibukkan diri,” pungkasnya.*