Catat! 5 Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan Kembali

Ilustrasi telur
Ilustrasi telur | ist

FORUM KEADILAN – Kamu termasuk yang suka menyimpan makanan sisa untuk dimakan esok harinya? Sebelum menyantapnya, kamu mungkin akan menghangatkannya terlebih dahulu agar tetap segar.

Namun, tidak semua makanan aman untuk dipanaskan kembali. Beberapa makanan bisa menjadi berbahaya bagi tubuh jika dipanaskan ulang.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari Instagram dokter gizi Jasmine Aftria @dr.jasmineaftria, terdapat lima makanan yang tidak boleh kamu panaskan kembali. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Bayam

Terdapat kandungan sumber kalsium dan nitrat yang tinggi pada bayam. Ketika dipanaskan kembali, nitrat akan berubah menjadi racun yang bersifat karsinogenik atau pemicu kanker.

Selain itu, memanaskan ulang bayam juga dapat menyebabkan teroksidasi nya zat besi, menghasilkan radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit.

2. Telur

Telur tidak disarankan untuk dipanaskan kembali. Hal ini karena kandungan nitrogen dalam telur dapat teroksidasi, serta dapat bereaksi sama dengan sayuran tinggi nitrat.

3. Makanan Bersantan

Kandungan lemak di dalam makanan bersantan akan berdampak buruk pada tubuh apabila dipanaskan berulang kali. Sebab, kandungan lemak baik dalam santan akan berubah menjadi lemak jenuh.

Asupan lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya atherosclerosis, penyakit jantung koroner, stroke, dan berbagai penyakit lainnya.

4. Nasi

Memanaskan kembali nasi dapat menyebabkan keracunan makanan yang diakibatkan oleh bakteri Bacillus Cereus. Bakteri tersebut dapat menghasilkan zat toksin sewaktu dipanaskan kembali.

5. Daging Ayam

Jika kamu memanaskan kembali ayam, kandungan protein di dalamnya akan mengalami perubahan, dan daging ayam bisa menjadi beracun. Hal ini dapat mengganggu sistem pencernaanmu, menyebabkan diare, atau bahkan muntah.

Jadi, gimana nih? Apa kamu sering memanaskan kembali makanan yang tersisa? Jika iya, kamu perlu memperhatikan makanan yang mana saja yang dapat dipanaskan kembali, ya.*

Laporan Amanah Suci