5 Cara Hilangkan Kerak pada Wajan

Ilustrasi kerak di wajan
Ilustrasi kerak di wajan | ist

FORUM KEADILAN – Ketika kamu sedang memasak, terkadang masalah kerak hitam muncul. Kerak hitam ini timbul karena adanya kebakaran, yang membuatnya sulit untuk dibersihkan jika dibiarkan terus-menerus.

Dalam beberapa kasus, orang membersihkan kerak dengan menggunakan sikat kawat. Namun, alih-alih menghilangkan kerak, hal ini justru bisa merusak wajanmu.

Bacaan Lainnya

Ya, penggunaan sikat kawat dapat merusak wajan atau peralatan masakmu. Oleh karena itu, membersihkan wajan yang berkerak membutuhkan cara yang tepat dan tidak sembarangan.

Berikut lima cara menghilangkan kerak pada wajan.

1. Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Cara pertama ialah merendam wajan atau panci dengan campuran air panas, serta sabun pencuci piring. Membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk mengangkat kerak yang menempel.

Jika kerak tersebut masih menempel, lakukan kembali dengan cara serupa. Kemudian gunakan spons cuci piring untuk menggosoknya dengan lembut.

2. Air dan Baking Soda

Cara kedua adalah dengan membuat campuran menggunakan perbandingan 2:1 atau 3:1 antara baking soda dan air hingga mengental, namun tidak boleh terlalu cair.

Oleskan campuran tersebut pada bagian yang berkerak dan biarkan selama sekitar 10-15 menit. Setelah itu, gosok perlahan dengan sikat baja, lalu bilas dengan air bersih.

3. Cuka

Cuka mengandung asam asetat yang efektif menghilangkan kerak hitam yang membandel. Tuangkan cuka ke area yang berkerak dan diamkan sekitar satu jam tanpa dicampur dengan air.

Setelah itu, gosok dengan sikat cuci piring, lalu bilas dengan air.

4. Saus Tomat

Mungkin kamu terkejut mengetahui bahwa saus tomat bisa menghilangkan kerak pada peralatan masakmu, bukan? Ini karena saus tomat mengandung asam yang dapat membersihkan kerak dengan cara mengoleskan pada bagian yang terdapat kerak.

Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan sabun cuci piring.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung asam tinggi yang bisa menghilangkan kerak membandel pada wajan atau alat masakmu. Caranya, peras jeruk nipis, lalu campur dengan air panas dan sedikit sabun cuci piring. Rendam selama semalaman hingga kerak mulai terlepas.

Cuci dengan lembut menggunakan sikat baja dan air hangat. Setelah itu, lakukan pencucian seperti biasa dengan sabun cuci piring dan air mengalir.

Semoga lima cara menghilangkan kerak pada wajan di atas dapat mengembalikan wajanmu kembali cantik seperti sedia kala, sehingga tidak akan terlihat lagi wajan kotor ataupun kusam.

Semoga membantu dan bermanfaat, ya.*

Laporan Amanah Suci