Kevin Sanjaya Mundur dari Pelatnas PBSI

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo | PBSI

FORUM KEADILANGanda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo mundur dari Pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Keputusan tersebut disampaikan Kabid Binpres PBSI Ricky Soebagdja. Ricky mengatakan, Kevin mengajukan surat mundur sejak 6 April 2024

Bacaan Lainnya

“Kaitan dengan Kevin karena Sinyo (Marcus Fernaldi Gideon) sudah sama-sama kita ketahui pensiun. Nah, sesuai janji saat saya kembali di tur Eropa, saya ada komunikasi dengan pelatih dan saya minta waktu bertemu dengan Kevin pada 6 April di Pelatnas,” kata Ricky dalam jumpa pers di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis, 16/5/2024.

Namun, kata Ricky, karena Kevin berhalangan hadir dan juga ada turnamen Thomas Uber Cup, mereka baru bertemu untuk memastikan keputusan Kevin mundur dari Pelatnas pada 15 Mei 2024 kemarin.

“Saya sampaikan semuanya, apakah Kevin kamu terus atau bagaimana? Intinya Kevin menyatakan pamit dari Pelatnas. Namun, kenapa hari ini karena ada beberapa hal yang Kevin akan dilakukan pada 6 April lalu, dan ada Thomas Uber Cup, makanya baru saat ini saya umumkan,” kata dia.

“Kita hormati keputusan Kevin dan waktunya. Saya mengikuti Kevin dan kemarin sore saya ketemu Kevin, saya bilang keputusannya sama seperti yang sudah kita bicarakan, kami akan preskon besok (Kamis, 16 Mei 2024), dan Kevin bilang, silakan untuk disampaikan karena itu sudah menjadi keputusan,” lanjutnya.

Ricky mengatakan, ada banyak hal yang membuat Kevin memutuskan mundur dari Pelatnas, salah satunya karena sponsor.

“Jadi kronologis keputusan Kevin, intinya Kevin mundur Pelatnas pada 6 April tapi dia minta waktu untuk mengumumkan karena banyak hal salah satunya sponsor akhirnya kami putuskan setelah kembali dari Thomas Uber Cup 2024,” ujar Ricky.

Ricky menegaskan bahwa PBSI tetap mengapresiasi keputusan yang diambil oleh Kevin. Terlebih lagi, Minions (sebutan untuk Kevin-Marcus) sempat dianggap sebagai raja Super Series setelah hampir tidak terkalahkan terutama pada 2017.

The Minions juga menjadi pasangan ganda putra dengan peringkat nomor satu dunia terlama, yaitu lima tahun.

“Kami apresiasi Kevin dan Minions bagaimanapun mereka sudah sumbang banyak gelar dan nomor satu dunia. Intinya kami apresiasi pencapaian Minions,” terang peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta itu.

Lebih lanjut, Ricky memberi bocoran bahwa akan ada farewell (perpisahan) untuk Kevin-Marcus di Indonesia Open 2024 yang berlangsung pada 4-9 Juni mendatang.

Diketahui, sebelum Kevin, Marcus lebih dulu mengumumkan pensiun tepat di hari ulang tahunnya ke-33 tahun pada 9 Maret 2024.

“Tadi sempat dibocorkan secara resmi ada farewell di Indonesia Open 2024 kita buat acara di sana untuk Minions,” ujarnya.*