Polri Siapkan 3 Jalur Alternatif Mudik untuk Antisipasi Banjir di Pantura Demak-Kudus

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan | dok. Humas Polri

FORUM KEADILANPolri menyiapkan tiga jalur alternatif di Pantura Demak-Kudus, Jawa Tengah, untuk para pemudik menjelang Lebaran 2024. Hal ini dilakukan karena beberapa waktu yang lalu jalur utama tersebut terdampak banjir dengan tingkat kerusakan yang parah.

“Kalau nanti terjadi banjir ya di tempat yang sama Demak, Kudus, kita sudah menyiapkan tiga jalur alternatif untuk pengalihan arus,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, dikutip dari situs Humas Polri, Sabtu, 30/3/2024.

Bacaan Lainnya

Jalur pertama melalui Sayung, Purwodadi, Blora, dan Rembang. Kemudian melewati Semarang dan Kedungmundu langsung menuju Kudus.

“Ada terakhir yang melalui Semarang, Purwodadi, Blora, Rembang. Jadi sudah kita siapkan alternatif,” terang Irjen Pol Aan.

Aan mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan pemetaan wilayah rawan bencana untuk menyusun strategi antisipasi yang tepat.

“155 titik yang kita petakan rawan bencana, termasuk bencana banjir,” bebernya.

Sementara itu, terkait kondisi jalan di Demak-Kudus yang rusak akibat banjir, Aan mengatakan bahwa saat ini masih dalam proses perbaikan. Aan memastikan, kondisi jalan tersebut bisa dilalui saat musim mudik nanti.

“Jalur pasca banjir terutama di KM 41 sampai 45 terdampak sangat parah di Demak-Kudus, ya, itu dari PUPR sudah menjamin waktu pengerjaan perbaikan ini H-10 tadi sudah mantap sudah 95 persen kemantapannya, artinya bisa dilalui dengan baik,” kata dia.

Adapun arus mudik Lebaran 2024 diprediksi terjadi pada 5 sampai 8 April 2024. Sementara arus balik, diperkirakan terjadi pada 13 sampai 16 April 2024.*