Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran, PKS Hormati Sikap Surya Paloh

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. I dok. PKS
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. I dok. PKS

FORUM KEADILAN – Ketua Umum (Ketum) NasDem Surya Paloh menyampaikan selamat ke Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atas kemenangan pada Pilpres 2024. Terkait hal tersebut, PKS mengaku menghormati keputusan Surya Paloh.

“Ya minimal tahapan penetapan Pemilu saya kira kita harus hormati lah orang yang mengucapkan selamat dan segala macam,” kata kata Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 21/3/2024.

Bacaan Lainnya

Begitu juga dengan PKS. Jazuli mengatakan, pihaknya juga mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran. Namun begitu, lanjut Jazuli, kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) masih berjuang untuk menggugat hasil pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ya kita ucapkan selamat dalam tahap hitungan KPU dengan tetap ada ruang MK,” imbuhnya.

Jazuli menjelaskan, dalam kontestasi pemilu, ada pihak yang menang dan kalah. Tetapi dalam hal ini, pihaknya bukan mempermasalahkan siapa pemenang pada Pemilu 2024, melainkan ingin menyoroti proses dari pemilu yang berjalan.

“Sekarang ini banyak teman-teman, masyarakat ya, itu mengatakan bahwa kita bukan mau nerima atau tidak terima, bukan nerima menang atau tidak terima menang atau tidak terima. Tetapi mereka mempermasalahkan cara menang,” ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional hasil Pilpres 2024. Hasilnya, KPU menetapkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024.

“Jumlah suara sah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebanyak 96.214.691,” ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam rapat pleno di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu 20/3.

Sedangkan, untuk jumlah suara sah pasangan urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 40.971.906, dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 27.040.878 suara dari total suara sah nasional.

Terkait hasil tersebut, Ketum NasDem Surya Paloh yang partainya tergabung dalam Koalisi Perubahan pengusung AMIN menyatakan menerima hasil Pemilu tahun 2024. Surya Paloh juga mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran yang memenangkan Pilpres 2024.*