Harimau Kembali Terkam Warga, Kantor PPA TNBBS Resort Suoh Dibakar

Tangkapan layar video pembakaran Kantor PPA TNBBS.
Tangkapan layar video pembakaran Kantor PPA TNBBS.

FORUM KEADILAN – Warga Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat membakar Kantor Balai Perlindungan dan Pelestarian Alam (PPA) Resort Suoh Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Senin 11/3/2024 petang. Aksi diduga dilakukan lantaran warga geram karena harimau yang menyerang warga tak kunjung ditangkap.

Video rekaman warga memperlihatkan, ratusan warga berkumpul di kantor tersebut. Mereka sempat melakukan pengrusakan kantor tersebut sebelum membakarnya.

Bacaan Lainnya

Warga yang merekam video tersebut mengatakan bahwa aksi itu merupakan buntut dari adanya satu warga diserang Harimau Sumatera. Sementara sebelumnya, sudah ada dua orang warga setempat yang diserang harimau hingga tewas.

“Karena tidak bisa menangani Harimau Sumatera. Kembali lagi memakan korban,” ujar warga dalam video tersebut.

Kejadian itu dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadillah Astutik Umi.

“Jadi, massa ini terpicu setelah mendapati adanya warga yang kembali diserang Harimau Sumatera. Mereka yang marah dan kesal kemudian mendatangi kantor tersebut untuk mempertanyakan upaya yang dilakukan dalam menangkap hewan itu. Tetapi setelah didatangi, tidak ada petugas hingga akhirnya gedung kantor dirusak dan dibakar,” katanya, Senin 11/3/2024.

Umi juga menjelaskan bahwa situasi di lokasi kejadian saat ini sudah berangsur aman. Warga telah kembali ke rumahnya masing-masing.

Ia meminta massa untuk bersabar dengan tidak melakukan tindakan serupa sehingga berujung merugikan banyak pihak.

“Kepada masyarakat kami mengimbau untuk menahan diri, jangan melakukan tindakan anarkis dengan merusak fasilitas. Permasalahan ini akan dimediasi antara warga dengan pihak TNBBS dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bersama TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat,” tegasnya.*