Kumpulkan Semua Menteri, Jokowi Bahas RAPBN untuk Presiden Terpilih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) | Dok - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) | Dok - Biro Pers Sekretariat Presiden

FORUM KEADILANPresdien Joko Widodo (Jokowi) memimpin jalannya rapat paripurna bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 26/2/2024.

Dalam rapat ini, Presiden meminta agar rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2025 dipersiapkan dengan mempertimbangkan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Bacaan Lainnya

“Terkait rencana kerja pemerintah (RKP) dan kebijakan fiskal tahun 2025, RKP 2025 dan kebijakan fiskal ini adalah jembatan untuk menjaga kesinambungan pembangunan dan mengakomodasi program presiden terpilih hasil Pilpres 2024,” kata Jokowi saat memimpin rapat.

Untuk itu, kata Jokowi, selagi menunggu hasil perhitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), rancangan RAPBN harus dipersiapkan.

“RAPBN 2025 harus disiapkan dengan memperhatikan hasil pilpres, karena yang menjalankan APBN 2025 adalah presiden terpilih,” ungkapnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta jajarannya untuk menjaga stok dan kestabilan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan dan Idul Fitri 2024.

“Saya minta utamanya menjaga persediaan pangan dan juga stabilitas harga pangan terutama bahan pokok dan juga percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jarlinsos (jaring perlindungan sosial),” tuturnya.

Kemudian, ia juga ingin agar jajarannya mengecek persiapan infrastruktur dan moda transportasi jelang musim mudik lebaran.*