5 Amalan Penting untuk Dilakukan Menjelang Bulan Ramadan

Ilustrasi menjelang Bulan Ramadan | ist
Ilustrasi menjelang Bulan Ramadan | ist

FORUM KEADILAN – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Islam.

Mendekati bulan suci ini, sangat penting bagi seluruh umat Islam untuk mempersiapkan diri secara fisik, mental, dan spiritual.

Bacaan Lainnya

Terdapat sejumlah amalan penting jelang Ramadan 2024 yang bisa dilakukan seorang Muslim. Hal tersebut dilakukan demi menyambut bulan spesial bagi umat Islam.

Dengan melaksanakan beberapa amalan penting, kita dapat memaksimalkan manfaat yang diberikan oleh bulan Ramadan.

Berikut lima amalan yang sebaiknya dilakukan menjelang bulan Ramadan.

1. Saling Memaafkan Satu Sama Lain

Saling memaafkan sebelum bulan Ramadan merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Memaafkan merupakan salah satu cara untuk membersihkan hati dan jiwa dari beban dendam, rasa bersalah, serta ketidakpuasan.

Dengan saling memaafkan akan mengurangi emosi negatif dan membuka lembaran baru untuk memasuki Bulan Ramadan dengan hati yang bersih.

2. Membayar Hutang Puasa Ramadan Tahun Lalu

Jika seseorang memiliki utang puasa dari bulan Ramadan sebelumnya yang belum dibayarkan, Islam menekankan pentingnya melunasi utang tersebut sebelum memasuki bulan Ramadan yang baru.

Oleh karena itu, segera lah menuntaskan hutang puasa Ramadan tahun lalu sebelum bulan Ramadan tiba.

3. Memperbanyak Puasa Sunnah pada Bulan Syaban

Bulan Sya’ban merupakan bulan yang berada di antara Rajab dan Ramadan. Memperbanyak puasa Sunnah pada bulan Sya’ban dapat dijadikan sebagai persiapan fisik dan spiritual menjelang bulan Ramadan.

Selain itu, puasa Sunnah pada bulan syaban terdapat banyak keutaaman seperti mendapatkan syafaat Rasullulah SAW pada hari kiamat kelak. Sebagaimana yang dinyatakan olej Syekh Nawawi al-Bantani:

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَيَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya, “Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah SAW terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat.” (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197), dikutip dari laman NU Online.

4. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an

Menjelang bulan suci Ramadan, Anda dapat memperbanyak membaca Al-Qur’an.

Al-Qur’an memiliki kekuatan untuk menyucikan hati dan jiwa seseorang.

Setiap ayat Al-Qur’an membawa pesan moral dan spiritual yang mendalam, serta membaca dengan penuh khusyuk dapat membantu memperdalam hubungan dengan Sang Pencipta.

5. Ziarah Kubur

Sebelum bulan Ramadan tiba, alangkah baiknya Anda melakukan ziarah kubur ke makam orang-orang terkasih untuk mendoakan mereka yang telah meninggal dunia.

Dengan berziarah kubur dapat menjadi pengingat yang kuat akan kematian dan akhirat.

Memahami bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan kematian pasti akan tiba waktunya. Hal ini dapat memotivasi seseorang untuk meningkatkan amal ibadah dan mempersiapkan diri secara spiritual.*

Laporan Rini Haryani