AHY akan Konsultasi dengan Hadi Tjahjanto Terkait Penyelesaian Persoalan di ATR/BPN

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) | Instagaram @agusyudhoyono
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) | Instagaram @agusyudhoyono

FORUM KEADILAN – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku bahwa bakal terus melakukan konsultasi dengan Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto agar dapat menyelesaikan berbagai persoalan di Kementeriannya.

AHY mengatakan, hal tersebut dilakukan agar berbagai kinerja Hadi dapat dilakukan dengan optimal.

Bacaan Lainnya

“Semoga di 8 bulan terakhir ini, saya bisa meneruskan apa yang telah beliau (Hadi) rintis dan jalankan dengan baik dan kalau ada yang hal-hal yang perlu saya konsultasikan, saya akan meminta masukan dan pandangan,” tutur AHY di kantor Kementerian ATR/BPN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 21/2/2024.

AHY mengakui bahwa dirinya telah berbincang dengan Hadi semalam, Selasa, 20/2.

AHY dalam pertemuan tersebut menyampaikan beberapa hal yang menjadi pesan Hadi.

Pertama, target 120 juta bidang pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Kemudian sertifikasi elektronik, isu-isu sengketa yang masih tersisa, termasuk juga yang paling utama bagaimana kementerian yang strategis ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan,” ujarnya.

Ia mengatakan, Kementerian ATR/BPN harus bisa bersikap tegas kepada pihak yang melawan hukum sehingga dapat dipercaya oleh masyarakat.

Terakhir, AHY berjanji akan belajar dengan cepat agar dapat bisa memimpin Kementeriannya.

Ia juga menambahkan jabatan ini menjadi awal mula langkah Demokrat bergerak di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Ini menjadi sebuah momentum pertama bagi Partai Demokrat untuk bisa kembali ke pemerintahan,” tuturnya.

Diberitakan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 21/2/2024 pukul 11.00 WIB.

Pelantikan diawali dengan nyanyian lagu Indonesia Raya. Dilanjut, pembacaan Keputusan Presiden tentang pelantikan dua menteri baru.

Jokowi kemudian mengambil sumpah dan janji jabatan menteri, diikuti oleh Hadi Tjahjanto dan AHY.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan diikuti Hadi dan AHY.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Sebelumnya, Hadi menjabat sebagai Menteri ATR. Hadi menggantikan Mahfud MD yang mundur sebagai Menko Polhukam.

Sementara posisi Hadi sebagai Menteri ATR digantikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.*