Universal Music Group Hapus Semua Lagu Artisnya dari TikTok

Ilustrasi TikTok
Ilustrasi TikTok | ist

FORUM KEADILAN – Salah satu label musik terkenal di dunia, Universal Music Group, memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan TikTok per tanggal 31 Januari 2024.

Buntut permasalahannya adalah Universal Music Group gagal memperpanjang kerja sama mereka dengan TikTok, karena tarif yang ditawarkan jauh lebih rendah, hanya berkontribusi sekitar satu persen dari total pendapatannya.

Bacaan Lainnya

Merespons pernyataan dari UMG, pihak TikTok menyatakan kekecewaan mereka terhadap sikap tersebut.

“Sangat menyedihkan dan mengecewakan bahwa Universal Music Group memprioritaskan keserakahan mereka di atas kepentingan para artis dan penulis lagu mereka,” ungkap TikTok, dikutip, Jumat, 2/2/2024.

Selain masalah royalti, Universal Music Group juga menyoroti tingkat kebencian dan pelecehan di platform tersebut, serta sikap TikTok terhadap kecerdasan buatan (AI).

Kini, lagu dari para artis di bawah naungan Universal Music Group, seperti Taylor Swift, BLACKPINK, Twice, BTS, NCT, SZA, Ariana Grande, Billie Eilish, Adele, dan juga artis Indonesia seperti Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya, Salma Salsabil, Nabila Taqqiyah, Roni Parulian, dan Nyoman Paul, telah diblokir.

Berbagai komentar dari para netizen pun bermunculan sebagai tanggapan terhadap keputusan UMG.

“Sayang banget loh, saat ini media promosi yang paling cepat viral adalah TikTok, baru deh orang kepo ke MV YouTube, dan lainnya,” tulis seorang netizen.

“Eh TikTok, sumpah ya. Penghasilan lo itu udah triliunan, masa bayar royalti ke artis-artis aja gak bisa,” komentar netizen lain.

“Semoga ini sementara, biar ada win-win solution, ya namanya bisnis mau untung doang. Semoga ada media lainnya untuk promosi lagu,” kata netizen lagi.*

Laporan Rini Haryani