Isi Pembahasan Jokowi dan Prabowo Saat Makan Bakso di Magelang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto setelah meresmikan Grha Utama Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Senin, 29/1/2024.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto setelah meresmikan Grha Utama Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Senin, 29/1/2024 | ist

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi mengenai momen makan bakso bersama calon presiden (capres) nomor urut 2 sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto di Magelang, Jawa Tengah, Senin, 29/1/2024.

Diketahui, keduanya makan di sebuah warung bakso di lokasi yang tidak terlalu jauh dari Graha Utama Akademi Militer (Akmil). Jokowi dan Prabowo tiba di lokasi sekitar pukul 13.02 WIB menggunakan mobil kepresidenan.

Bacaan Lainnya

Setelah keluar dari mobil, Jokowi dan Prabowo duduk bersama di satu meja, saling berhadapan, sambil berbincang.

Ketika Presiden Jokowi diberikan pertanyaan oleh awak media terkait isi topik bahasan apa yang diobrolkan bersama dengan Prabowo dan kenapa memilih makan bakso, ia hanya menjelaskan bahwa ia baru saja selesai meresmikan Graha Utama Akmil bersama Prabowo.

“Ya ini kan baru saja, saya dan Pak prabowo meresmikan Graha Utama di Akademi Militer Magelang setelah itu makan bakso, sudah,” jawab Jokowi di Magelang, Jawa Tengah, Senin, 29/1.

“makan bakso, baksonya enak. Udah,” sambungnya.

Ketika diberikan pertanyaan oleh awak media terkait apakah makan bersama Prabowo adalah salah satu cara dirinya yang turun gunung untuk memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2 di Pilpres 2024 tersebut, ia hanya memberikan tanggapan singkat soal makan bakso.

“Ini tadi urusan makan bakso. Tanya mengenai bakso saja,” imbuhnya.

Kemudian, ketika ditanyai kembali hal apa yang dibahas di antara ia dan Prabowo, Jokowi menjawab hanya sekitaran makanan yang mereka sedang santap saat itu.

“Oh, ngobrolin bakso, kelapa muda, tahu goreng enak ndak, itu,” jawabnya kembali.

Saat disinggung soal momen makan gudeg bersama Ketua Umum (ketum) Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Yogyakarta pada Minggu, 28/1 dan kemudian makan bakso bersama Prabowo, Jokowi menyebut bahwa kegiatan makan bersama itu enak.

“Ya makan-makan kan enak,” tandasnya.*