Kata Zulhas soal Pemakzulan Jokowi: PAN Siap Pasang Badan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Ketua Umum (ketum) PAN Zulkifli Hasan | Instagram @zul.hasan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Ketua Umum (ketum) PAN Zulkifli Hasan | Instagram @zul.hasan

FORUM KEADILAN – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Menhan RI), Zulkifli Hasan atau Zulhas, mengungkapkan bahwa pihaknya siap pasang badan untuk membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari aksi pemakzulan.

Zulhas menyebut PAN tidak akan tinggal diam jika ada pihak-pihak yang ingin menggiring terkait isu pemakzulan Jokowi.

Bacaan Lainnya

“Kalau ada yang mau coba-coba giring isu pemakzulan Presiden Jokowi, PAN akan pasang badan bela Pak Jokowi,” ujar Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulis, Minggu, 14/1/2024.

Ia mempertanyakan soal latar belakang dan alasan aksi itu dan mempertanyakan dukungan dari mana aksi tersebut berasal karena koalisi pemerintah mempunyai mayoritas di parlemen.

Zulhas juga mempertanyakan terkait para pengusul pemakzulan yang memahami aturan dan proses pemakzulan.

“Pak Jokowi itu faktanya sangat dicintai rakyat. Lihat saja pak keliling, cek saja survei kepuasan terhadap kinerja beliau. Jadi apa alasannya?” kata Zulhas.

Dikabarkan, sejumlah tokoh yang tergabung dalam Petisi 100 menyambangi Menko Polhukam, Mahfud MD dan sekitar 22 tokoh yang tergabung kelompok ini menyampaikan permintaan mengenai pemakzulan Jokowi kepada Mahfud.

Sejumlah tokoh tersebut ialah, Faizal Asegaf, Marwan Batubara, Rahma Sarita, dan Letnan Jenderal TNI Mar (Purn) Suharto dan tokoh-tokoh tersebut meminta berlangsungnya Pemilu tanpa ada Jokowi.

Diketahui, Mahfud juga menerima aduan mengenai praktik kecurangan Pemilu 2024 dan diminta untuk memproses adu-aduan itu karena tidak percaya kontestasi Pemilu berjalan adil.

Tetapi, ia menegaskan laporan soal Pemilu tersebut seharusnya diproses oleh KPU, Bawaslu, dan DKPP.*