Jokowi Ungkap Alasan Surat Suara Pemilu 2024 Sampai Duluan ke Pemilih Taipei

Presiden Jokowi Serahkan BLT El Nino kepada masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur, 27/12/2023 I YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi alam acara penyerahkan BLT El Nino kepada masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur, 27/12/2023 I YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan surat suara untuk Pemilu 2024 sampai duluan ke Pemilih yakni warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Taipei, Taiwan.

Jokowi mengatakan bahwa dirinya sudah mendapatkan informasi terkait itu dan menyebut ada persoalan jadwal operasional kantor pos di Taipei.

Bacaan Lainnya

“Tapi saya diceritakan bahwa memang ada kekhawatiran karena ini tahun baru, kantor pos tutup agak lama di sana sehingga dikirim mendahului,” kata Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 30/12/2023.

Jokowi enggan untuk berkomentar lebih jauh dan menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

“Untuk teknisnya nanti biar Pak Ketua KPU yang menyampaikan,” Imbuh Jokowi.

Diberitakan, Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan sebagian WNI di luar negeri akan dikirimi surat suara agar dapat mencoblos dengan metode pos, tetapi distribusi surat suara untuk WNI di luar negeri belum dilaksanakan saat ini.

“Kami nyatakan surat suara tersebut masuk kategori rusak dan tidak diperhitungkan dalam catatan surat suara dalam formulir C hasil LN-pos,” ujar Hasyim dalam Jumpa Pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa, 26/12/2023.

Peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2023 mengatur mengenai pencoblosan dengan metode pos bagi WNI di luar negeri dan surat suara akan dikirimkan melalui pos kepada pemilih pada 2-11 Januari 2024.*