Bawaslu Batalkan Pemeriksaan Gibran soal Bagi-bagi Susu Gratis di CFD

Gibran bersama kader PAN di CFD Jakarta, Minggu, 3/12/2023 | Instagram @zitaanjani
Gibran bersama kader PAN di CFD Jakarta, Minggu, 3/12/2023 | Instagram @zitaanjani

FORUM KEADILAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jakarta Pusat membatalkan agenda pemeriksaan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka terkait bagi-bagi susu di area car free day (CFD), Kamis, 28/12/2023.

Komisioner Bawaslu Jakarta Pusat Christian Nelson Pangkey menyebutkan bahwa mereka sudah memiliki informasi yang cukup untuk mengusut laporan terkait hal tersebut.

Bacaan Lainnya

“Iya, salah satu dari hasil klarifikasi,” kata Komisioner Bawaslu Jakarta Pusat Christian Nelson Pankey, Kamis, 28/12/2023.

Sonny Pangkey mengungkapkan bahwa Bawaslu Jakarta Pusat telah meminta keterangan tiga orang yang terkait.

Mereka adalah Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Zita Anjani, dan dua kader PAN, yaitu Sigit Purnomo alias Pasha dan Surya Utama alias Uya Kuya.

Diketahui, Bawaslu RI sudah menyerahkan surat resmi dari Bawaslu RI mengenai hasil pendalaman laporan dugaan pelanggaran cawapres nomor urut 2 di tingkat pusat.

“Juga ada surat pemberitahuan status hasil laporan dari Bawaslu RI terkait status laporan sebelumnya. Kemarin belum ada surat resminya maka kami tetap teruskan penyelidikan,” terang Sonny.

Dikabarkan, Bawaslu Jakarta Pusat akan melakukan pengkajian bahan dan informasi yang terkumpul untuk kemudian disimpulkan.

Keputusan akhir terkait dugaan pelanggaran Gibran akan disampaikan pada Jumat, 29/12/2023.

“Kami akan lanjut ke putusan Bawaslu pada Jumat 29/12/2023 nanti,” tutur Sonny.

Larangan kegiatan politik di area CFD terdapat dalam Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

Di sisi lain, Gibran membantah soal berkampanye di area CFD Jakarta.

“Kan tanpa alat peraga kampanye (APK). Kami kan enggak mengajak untuk mencoblos,” imbuh Gibran.

Wali Kota Solo ini mengaku hanya membagikan susu di lokasi CFD karena banyak warga di sana. Namun, Gibran mengungkapkan pembagian susu merupakan salah satu programnya bersama capres Prabowo Subianto.

“Itu (bagi-bagi susu) kan salah satu program dari kami, kan ada program makan siang gratis dan susu,” kata Gibran.*