Ganjar Harap Format Debat Capres-Cawapres Mendatang Dievaluasi

Deklarasi dukungan para pengusaha untuk Ganjar-Mahfud di gedung Smesco, Jakarta, Jumat, 8/12/2022 | ist
Deklarasi dukungan para pengusaha untuk Ganjar-Mahfud di gedung Smesco, Jakarta, Jumat, 8/12/2022 | ist

FORUM KEADILAN – Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo meminta untuk format debat capres-cawapres ketiga yang akan digelar pada 7 Januari 2024 untuk dievaluasi. Ganjar Berharap format tanya jawab di debat Pilpres 2024 dievaluasi.

“Saya berharap debatnya bukan tanya jawab. Bukan kuota pertanyaan atau kuota jawaban, tapi kuota waktu saja. Sehingga selama waktu masih ada para kandidat boleh menanyakan atau boleh menyanggah,” ujar Ganjar saat menjawab pertanyaan terkait evaluasi format debat KPU, di Kabupaten, Jawa Tengah, Rabu, 27/12/2023.

Bacaan Lainnya

Ganjar menyebut bahwa format debat yang akan menyuguhkan tontonan yang menarik dan format tersebut akan lebih memperlihatkan argumentasi dan narasi dari masing-masing paslon yang nantinya bisa dinilai oleh Masyarakat sebagai Pemilih.

“Pasti tontonannya semakin menarik. Karena spontanitas, data, fakta, argument, narasinya pasti akan dinilai dan dilihat oleh publik,” lanjut Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengaku tidak masalah dengan masalah teknis lainnya, seperti podium atau tiga mic yang pada saat ini Tengah menjadi sorotan.

Ganjar hanya menegaskan format debat sebaiknya dievaluasi.

“Kalau (evaluasi) saya tanya jawab saja. Tanya jawabnya diubah jadi waktu dan berdebat mereka. Kalau yang lain-lain biasa saja,” pungkas Ganjar.

KPU Rapat soal Evaluasi Debat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyebut pihaknya akan lakukan evaluasi mengenai pertanyaan singkatan dalam debat dan KPU akan mengevaluasi semua kritik yang masuk dari debat cawapres perdana yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 22/12/2023 lalu.

“Itu nanti ada rapat evaluasi nya,” terang Hasyim kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 26/12/2023.

Hasyim mengatakan masukan dari setiap masing-masing paslon juga akan dibahas oleh pihaknya. Pembahasan besok, kata dia, akan ada pembahasan terkait mekanisme.

“Apa aja lah yang jadi komplain, catatan masing-masing calon, paslon, maupun tim paslon nanti akan dibahas dalam rapat evaluasi,” ujar Hasyim.

Pembahasan evaluasi tersebut dimulai dari singkatan dalam pertanyaan, peran moderator hingga Bahasa asing. Hasyim menyebut, pihaknya akan memberikan informasi lebih detail terkait hal itu.

“Iya pasti akan dievaluasi semua masing-masing, apakah mic-nya, apakah tampil tidak di podium, apakah peran moderator, singkatan-singkatan, Bahasa asing dan seterusnya nanti semua akan kita evaluasi,” imbuh Hasyim.*