Polri Gandeng TNI dalam Pengamanan Nataru

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menyampaikan keterangan kepada media di kawasan Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 7/12/2023 | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menyampaikan keterangan kepada media di kawasan Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 7/12/2023 | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Polri bersama TNI dan stakeholder lainnya bersinergi untuk mengamankan Natal dan Tahun baru (Nataru) yang diprediksi mengalami peningkatan arus mudik serta arus balik mudik.

Hal itu disampaikan Sigit setelah kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral dalam menghadapi persiapan rangkaian kegiatan Nataru, Kamis, 7/12/2023.

Bacaan Lainnya

“Baru saja kita melakukan rapat koordinasi lintas sektoral dalam menghadapi persiapan rangkaian kegiatan Nataru. Di mana diprediksi dari Kementerian Perhubungan akan ada peningkatan terkait dengan arus mudik dan arus balik. Di sisi lain juga tentunya akan ada kegiatan perayaan Natal di tanggal 25 Desember yang juga harus kita amankan,” ucapnya kepada media di kawasan Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis.

Sigit menilai, pihaknya perlu melakukan pelayanan terhadap masyarakat pada saat kegiatan tersebut. Selain menghadapi Nataru, dirinya juga akan melakukan pengamanan terhadap tahapan Pemilu 2024 hingga cuaca ekstrem.

Dengan demikian, lanjut Sigit, kepolisian yang bekerja sama dengan stakeholder dalam gelaran operasi tersebut, bisa memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

“Kita juga dihadapkan dengan situasi di mana ada tahapan Pemilu dan juga akhir-akhir ini kita mulai menghadapi situasi hujan yang dalam satu bulan ini kita melihat ada beberapa wilayah yang terdampak, karena ini adalah operasi besar dan melibatkan jumlah yang cukup besar baik TNI Polri dan seluruh stakeholder juga ada,” imbuhnya.

Sigit berharap, Kepolisian dan pihak terkait bisa saling bekerja sama untuk menjalin komitmen bersama dalam persiapan dengan baik.

“Banyak hal-hal yang juga harus kita amankan dan ini menjadi satu kesatuan kegiatan yang tentunya ini menjadi komitmen kita bersama untuk untuk melakukan kesiapan,” tutupnya.*

Laporan Ari Kurniansyah