Kemendag Restui TikTok Kerja Sama dengan Tokopedia

Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan. | Ist

FORUM KEADILAN – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebutkan bahwa TikTok boleh kerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan terkait soal isu media sosial ByteDance yang akan menggandeng Tokopedia layanan belanja online.

Bacaan Lainnya

“Boleh. Jadi kalau kerja sama, sama lokal,” kata Zulkifli di St. Regis, Jakarta, pada Rabu, 6/12/2023.

Namun, Zulhas mengungkapkan hingga pada saat ini TikTok masih belum melakukan pengurusan izin baru terkait pelaksanaan e-commerce. Dia menegaskan kembali jika Tiktok ingin bekerja sama dengan perusahaan lokal, tentu boleh selama tidak melanggar aturan.

“Nggak, nggak ada. Nggak ngurus izin baru, tidak ada. Tapi kerja sama kan bisa, misalnya lokal bisa,” imbuh Zulkifli.

Sebelumnya, Beberapa waktu lalu, pemerintah resmi menutup TikTok Shop di Indonesia. Hal ini dilandasi pada protes pedagang di Pasar Tanah Abang yang mengeluhkan sepinya pasar.

TikTok Shop resmi ditutup dan tidak bisa lagi diakses per Rabu, 4/10/2023, pada pukul 17.00 WIB.

Penutupan tersebut termuat dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang diundangkan pada 26/9/2023 lalu.

Selain larangan jualan dan transaksi bagi social commerce, Permendag 31/2023 juga mengatur agar social commerce yang ingin berjualan harus mempunyai aplikasi e-commerce terpisah.

Dikarenakan social commerce hanya boleh untuk konten-konten promosi.*