Firli Bahuri Irit Bicara Usai Diperiksa Dewas KPK

Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri usai diperiksa Dewas KPK di Gedung ACLC, Jakarta Selatan, Selasa, 5/12/2023 | M. Hafid/Forum Keadilan
Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri usai diperiksa Dewas KPK di Gedung ACLC, Jakarta Selatan, Selasa, 5/12/2023 | M. Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif  Firli Bahuri selesai diperiksa oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK atas dugaan pelanggaran etik terkait pertemuan dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Namun Firli irit bicara.

Berdasarkan pantauan Forum Keadilan, Firli keluar dari Gedung ACLC , Jakarta Selatan, sekitar pukul 11.42 WIB. Ia hanya melambaikan tangan sambil mengucapkan terima kasih sebelum memasuki mobilnya.

Bacaan Lainnya

“Terima kasih, terima kasih,” kata Firli Bahuri, Selasa, 5/12/2023.

Sebelumnya, Firli memenuhi panggilan Dewas KPK. Dia datang sekitar pukul 09.37 WIB dengan mengenakan kemeja berwarna biru muda.

“Saya datang memenuhi panggilan Dewas nanti saya sampaikan setelah itu,” ujarnya yang kemudian masuk ke ruang pemeriksaan di gedung ACLC KPK.

Diketahui, ini adalah panggilan kedua Firli terkait pertemuan dengan SYL. Firli sebelumnya telah menjalani pemeriksaan oleh Dewas KPK pada Senin, 20/11, dan pemeriksaan tersebut berlangsung selama tiga jam.

Sebanyak 30 saksi telah diperiksa oleh Dewas KPK terkait pertemuan Firli dengan SYL dan dugaan ketidakjujuran Firli dalam pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pribadinya.

Saat ini, Firli telah diberhentikan sementara dari jabatan Ketua KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemerasan terhadap SYL. Surat pemberhentian sementara Firli telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak Jumat, 28/11.*

Laporan M. Hafid