Prabowo: Simpulkan Sendiri Jokowi Merestui Siapa

Prabowo Subianto rayakan ulang tahun di kediamannya | Merinda Faradianti/Forum Keadilan
Prabowo Subianto rayakan ulang tahun di kediamannya | Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Calon presiden Prabowo Subianto meminta masyarakat untuk menyimpulkan sendiri siapa yang direstui Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melanjutkan pemerintahannya.

Pernyataan tersebut ia lontarkan saat membicarakan politik luar negeri. Awalnya Prabowo menyebut, Indonesia menghormati negara manapun.

Bacaan Lainnya

“Saya katakan kepada mereka politik luar negeri kita non-blok. Kita hormati semua bangsa dan negara. Kita tidak ikut ikut pro Amerika kah, pro China kah, pro Rusia kah, tidak. Kita pro Indonesia,” kata Prabowo saat menghadiri Mukernas III Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 2/12/2023.

Namun, Prabowo dengan tegas menyatakan Indonesia bukan negara yang bisa didikte. Sebab, kepentingan bangsa dan negara harus terus diperjuangkan.

Ia memandang, Jokowi memahami kondisi geopolitik saat sekarang ini. Ia pun meminta masyarakat untuk menerka siapa yang direstui Jokowi untuk melanjutkan pemerintahannya.

“Kita hormat sama Anda, hormat sama China, hormat sama semua. Tapi kita harus kuat, itu perjuangan yang harus kita lakukan. Pak Jokowi sadar itu, mengerti itu, dan Pak Jokowi akhirnya, bapak-ibu bisa ambil kesimpulan sendiri kira-kira Pak Jokowi merestui siapa ya kan,” lanjutnya.

Meskipun begitu, Prabowo mengaku akan tetap menghormati setiap keputusan rakyat.

“Jangan marah-marah. Kita semua hormat. Saya akan hormati keputusan rakyat Indonesia,” tutupnya.*