Jokowi Resmikan Kampung Nelayan Modern di Papua

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kampung nelayan modern (kalamo) di Kabupaten Biak Numfor, Papua, tepatnya terletak di Desa Samber-Binyeri, Distrik Yendidori, Kamis, 23/11/2023 | Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kampung nelayan modern (kalamo) di Kabupaten Biak Numfor, Papua, tepatnya terletak di Desa Samber-Binyeri, Distrik Yendidori, Kamis, 23/11/2023 | Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kampung nelayan modern (kalamo) di Kabupaten Biak Numfor, Papua, tepatnya terletak di Desa Samber-Binyeri, Distrik Yendidori.

“Dengan memohon berkah dan anugerah Tuhan yang Maha Esa pada pagi hari ini saya resmikan kampung nelayan modern Desa Samber Binyeri, Biak Numfor, Provinsi Papua,” ujar Jokowi di lokasi peresmian, Kamis, 23/11/2023.

Bacaan Lainnya

Jokowi menjelaskan, berdasarkan informasi yang disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, kampung nelayan ini terintegrasi komplit.

“Hari ini kita akan meresmikan kampung nelayan modern, tadi saya sudah dibisiki Pak Menteri KKP pembenahan kampung ini terintegrasi komplit, ada cold storage, ada pabrik es, ada bengkel nelayan, ada tempat wisatanya tapi sekali saya ingatkan membangun lebih mudah merawat dan memelihara yang biasanya kita gagal,” jelasnya.

Menurut Jokowi, banyak cold storage yang telah dibangun, namun berhenti beroperasi karena kesulitan membayar biaya listrik. Selain itu, meskipun fasilitas tersebut telah dibangun dengan baik secara fisik, tata kelolanya tidak optimal.

Oleh karena itu, Jokowi meminta penerapan manajemen yang efektif, serta memberikan pendampingan yang lebih baik terhadap para nelayan.

“Persiapan untuk manajemen yang baik, persiapan untuk nelayan bisa memanfaatkan sebaik-baiknya, sebuah lokasi yang bagus seperti ini jangan sampai kita gagal lagi. Dampingi para nelayan, baik hal teknis, maupun manajerial, manajemen, sangat-sangat penting sekali,” kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membangun berbagai fasilitas di kampung nelayan modern.

Beberapa fasilitas utama yang telah dibangun mencakup dermaga tambatan kapal, pabrik es, sentra kuliner, cold storage, shelter pendaratan ikan, kios perbekalan, dan dock yard.

Selain itu, fasilitas pendukung juga telah diterapkan, termasuk balai pelatihan, instalasi air bersih, drainase, penerangan jalan, instalasi pengelolaan air limbah, dan kantor pengelola.

Dalam upaya meningkatkan keindahan kampung pesisir tersebut, KKP juga terlibat dalam pembangunan gapura, perbaikan jalanan, pembangunan talud, dan gardu pandang. Terdapat juga stasiun pengisian bahan bakar tak jauh dari lokasi tersebut, yang akan diintegrasikan dengan kampung nelayan modern.*