Firli Bahuri Jalani Pemeriksaan Dewas KPK soal Pertemuan dengan SYL

Ketua KPK Firli Bahuri
Ketua KPK Firli Bahuri | ist

FORUM KEADILAN – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memenuhi panggilan Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Senin, 20/11/2023. Ia tiba di gedung Dewas KPK sekitar pukul 10.00 WIB.

Firli akan menjalani pemeriksaan dugaan pelanggaran etik terkait pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL), tersangka dugaan korupsi Kementerian Pertanian (Kementan).

Bacaan Lainnya

Saat tiba di gedung Dewas KPK, Firli irit bicara. Firli langsung bergegas masuk ke ruang pemeriksaan di gedung ACLC KPK.

“Sudah saya jelaskan ya,” kata Firli di gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan.

Pemeriksaan terhadap Firli dilakukan setelah mengalami beberapa kali penundaan. Firli sejatinya diperiksa pada Jumat, 27/10, namun ia meminta untuk diperiksa setelah 8 November 2023.

Dewas KPK lalu menjadawalkan pemeriksaan Firli pada Senin, 13/11, namun Firli lagi-lagi absen dan meminta diperiksa pada esok harinya. Permintaan tersebut tidak diindahkan oleh Dewas KPK.

Diketahui, Dewas KPK telah memeriksa empat pimpinan KPK lainnya terkait pertemuan Firli dengan SYL tersebut. Begitu juga dengan SYL yang telah dimintai keterangan terkait momen pertemuan tersebut.*