Khofifah Ungkap Kriteria Capres yang akan Didukung di Pilpres 2024

Khofifah Indar Parawansa | Ist
Khofifah Indar Parawansa | Ist

FORUM KEADILAN – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkap kriteria calon presiden (capres) yang akan didukungnya dalam Pilpres 2024.

“Ini kawan-kawan, kita mencari pemimpin terbaik untuk bangsa Indonesia ke depan. Jadi kalau PR bangsa ini menurut saya, persatuan, kedua persatuan, ketiga persatuan,” kata Khofifah, Jumat, 3/11/2023.

Bacaan Lainnya

Khofifah menekankan, presiden Indonesia selanjutnya harus terus berkomitmen dalam menjaga persatuan Indonesia, termasuk di Papua. Dia lantas menyinggung banyak negara yang bertahan hanya setelah 25 hingga 50 tahun sejak berdiri.

“Apa yang terjadi di Papua? Kalau saya ndak pernah underestimate bahwa kita harus menjaga Indonesia terhindar dari kemungkinan terjadi disintegrasi bangsa,” katanya.

“Ada negara umurnya 25 tahun, 40 tahun, 50 tahun kemudian ya dia sudah tidak survive. Kita bersyukur sudah 78 tahun, itu yang menjadi dinamika internal dan eksternal, itu yang harus terus bisa dicari equilibrium dynamic. Dinamika-dinamika itu harus dicari titik temunya, supaya semua kemudian terbangun keseimbangan-keseimbangan baru,” tambahnya.

Khofifah kembali menekankan, pemimpin yang dibutuhkan ialah yang mampu membangun equilibrium dynamic.

“Pokoknya kita butuh pemimpin yang mampu membangun equilibrium dynamic, pasti dinamika lokal, regional, nasional, global. Dari situ kemudian kita butuh proses untuk membangun keseimbangan-keseimbangan baru,” imbuhnya.*