5 Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat sinar matahari
Manfaat sinar matahari | Select Health

FORUM KEADILAN Р Sinar matahari pagi mengandung ragam vitamin yang baik untuk membangun daya tahan tubuh. Terdapat banyak sekali manfaat matahari pagi untuk kesehatan. Walaupun, seringkali yang melakukan aktivitas berjemur di pagi hari adalah bayi.

Pada dasarnya, semua orang dengan bermacam tingkat usia tentu bisa memperoleh manfaat dari paparan sinar matahari pagi.

Anjuran untuk berjemur di pagi hari, misalnya sambil berolahraga atau sekadar duduk di teras rumah, bukanlah tanpa alasan.

Selain meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh, ada beragam manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beragam manfaat matahari pagi yang dapat diperoleh.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Produksi vitamin D yang cukup dengan bantuan sinar matahari juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, aktivitas ini juga berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit maupun infeksi kuman.

  1. Mengatasi penyakit kulit

Paparan sinar matahari pagi hari dalam jumlah yang cukup juga diyakini bermanfaat untuk meredakan gejala dari penyakit kulit, mulai dari jerawat, eksim, penyakit kuning, hingga psoriasis.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Sebelumnya sinar matahari pagi dapat merangsang produksi vitamin D dalam tubuh. Perlu diketahui, vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, sehingga dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan tulang, seperti radang sendi dan osteoporosis.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat matahari pagi juga mampu memperbaiki kualitas tidur di malam hari, terutama bagi Anda yang memiliki masalah tidur seperti insomnia. Hal ini karena paparan sinar matahari pagi yang cukup dapat merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh.

  1. Mencegah depresi

Peningkatan kadar hormon serotonin dalam tubuh juga dapat meningkatkan suasana hati, membuat tubuh lebih berenergi, dan membantu tetap fokus dalam melakukan sesuatu.

Tanpa paparan sinar matahari pagi yang cukup, kadar serotonin dalam tubuh bisa menurun. Penurunan hormon serotonin juga dikaitkan dengan risiko terjadinya depresi.

Demikian pembahasan mengenai manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan. Selain mengetahui manfaatnya, penting pula bagi Anda untuk memahami bagaimana tips berjemur di pagi hari yang aman, seperti memperhatikan durasi dan waktu terbaik serta memastikan untuk selalu menggunakan tabir surya (sunscreen).

 

Laporan Lulu Farha Chaerani