KPU: Tiga Pasangan Capres-Cawapres Lolos Uji Kesehatan

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 27/10/2023 | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 27/10/2023 | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Tim dokter Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto telah menyerahkan hasil tes kesehatan bakal calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat pada Jumat, 27/10/2023.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, ketiga pasangan calon, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dianggap mampu menjalankan tugas jika terpilih.

Bacaan Lainnya

“Hasil pemeriksaan terhadap bakal pasangan calon ini oleh tim pemeriksa dinyatakan bahwa bakal pasangan calon mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, kemudian semua pasangan calon presiden dan wakil presiden dinyatakan bebas penyalahgunaan narkoba,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 27/10.

Adapun penyerahan hasil tes tersebut, disaksikan oleh perwakilan dari masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bersangkutan.

Sebelumnya, tiga pasangan capres dan cawapres telah selesai menjalani tes kesehatan sebagai syarat pendaftaran Pilpres 2024. Tes tersebut dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Pasangan Anies-Muhaimin menjalani tes pemeriksaan kesehatan pada Sabtu, 21 Oktober. Kemudian disusul oleh pasangan Ganjar-Mahfud yang menjalani tes pada Minggu, 22 Oktober, dan diakhiri oleh pasangan Prabowo-Gibran pada Kamis, 26 Oktober.*

Laporan Ari Kurniansyah