NCW Desak Prabowo Mundur Capres 2024 Buntut Dugaan Kerugian Food Estate

Proyek food estate Jokowi
Proyek food estate Jokowi | Ist

FORUM KEADILAN – Nasional Corruption Watch (NCW) meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebaiknya mundur dari pencalonan presiden 2024-2029. Tuntutan ini muncul sebagai respons terhadap dugaan kerugian negara sekitar Rp6 Triliun yang diakibatkan oleh kegagalan proyek food estate yang dipimpin oleh Prabowo.

Ketua Umum DPP NCW Hanifa Sutrisna menilai bahwa Prabowo telah gagal mengelola proyek food estate ketika menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Bacaan Lainnya

“Prabowo sebagai Menteri Pertahanan telah gagal mengelola food estate dan kegagalan proyek ini menyebabkan kerugian negara sekitar Rp6 triliun,” kata Hanifa dalam keterangan tertulis.

Menurut Hanifa, dugaan kerugian negara hingga mencapai Rp6 triliun adalah suatu hal yang tidak dapat diabaikan. NCW mengimbau Prabowo mempertimbangkan untuk tidak mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

NCW berpendapat, bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju ini tidak mampu memperlihatkan dirinya sebagai sosok pemimpin yang bertanggung jawab.

NCW menilai, kinerja Prabowo saat menjabat sebagai Menteri Pertahanan gagal dan merugikan negara.

“Ada program yang diduga bermasalah secara hukum dan gagal, malah didaulat menjadi bacapres 2024-2029, harusnya mundur atau tidak maju,” tegas Hanifa.

“Apa tidak ada anak bangsa yang lebih cakap dan mampu lagi?,” tutupnya.