Bobby Nasution Respons Isu Gibran Bergabung ke Golkar

Bobby Nasution | Ist
Bobby Nasution | Ist

FORUM KEADILAN – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sekaligus putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) digadang-gadang akan bergabung dengan Partai Golkar.

Kabar itu menguat usai Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa kepala daerah yang memiliki pengalaman menjabat namun belum berusia 40 tahun dapat maju sebagai capres-cawapres.

Bacaan Lainnya

Gibran saat ini merupakan kader PDIP.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengaku tidak tahu.

Bobby mengatakan nanti akan melihat terlebih dahulu apakah kakak iparnya itu sudah memiliki baju kuning berlogo pohon beringin.

“Oh gitu, nanti saya lihat baju kuningnya Mas Gibran sudah ada apa belum,” ujar Bobby didampingi sang istri Kahiyang Ayu, pada Selasa, 17/10/2023.

Diketahui, Gibran santer dikabarkan akan berpindah ke Partai Golkar setelah MK mengabulkan sebagian gugatan pasal 169 huruf q Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Syarat capres-cawapres yang tadinya berusia minimal 40 tahun diubah menjadi minimal 40 tahun atau pernah/sedang berpengalaman menjadi kepala daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Dengan putusan tersebut, peluang Gibran untuk melaju mendampingi Prabowo di Pilpres 2024 terbuka lebat.

Diketahui, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono menyatakan bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto akan masuk lebih dahulu menjadi kader partai beringin atau organisasi sayap partai seperti AMPI.

“Saya mendengar ada komitmen bahwa slot untuk cawapres KIM dari Partai Golkar, kalaupun bukan dari Golkar, akan ‘di Golkarkan’ dulu. Bisa melalui AMPI atau ormas Hasta Karya lainnya,” kata Agung dalam keterangannya, Selasa, 17/10/2023.

Diketahui, belakangan nama Gibran Rakabuming Raka dikabarkan akan bergabung dengan Partai Golkar. Agung menyatakan siap menyambut Gibran.

“Pada prinsipnya kami welcome, kita akan sambut dengan baik jika Gibran ingin gabung,” kata Agung.*