Awan Mendung Surya Paloh di NasDem Tower 

FORUM KEADILAN – Ketua Umum Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Surya Paloh meminta Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian (Mentan).

Surya menuturkan persoalan tersebut tidak mengenakan hatinya dan memperihatinkan. Lantaran menghadapi kasus hukum yang menyangkut kadernya yang juga menjabat sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Bacaan Lainnya

“Dalam suasana penuh kesedihan yang menyangkut Prof. Dr. Syahrul Yasin Limpo, dalam kapasitas beliau sebagai mentan sekaligus juga fungsionaris di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrasi (NasDem),” kata Paloh di NasDem Tower, Kamis, 5/10/2023.

Paloh juga meminta agar SYL segera menghadap Preseiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Mentan.

Paloh beralasan ini penting agar SYL dapat fokus dalam penyelesaian kasus hukum yang tengah berlangsung dan sebagai bentuk penghormatan pada upaya penyidikan.

“Segera menghadap presiden, sampaikan surat pengunduran diri sebagai Mentan. Agar memberikan penghormatan pada upaya penyidikan yang sedang berlangsung pada dirinya, agar dia penuh konsentrasi,” ujarnya.

Lanjutnya, Paloh meminta semua pihak menerapkan sikap praduga tak bersalah atas kasus SYL. Sebab, NasDem memliki komitmen untuk tidak lari dari setiap kasus hukum yang menerpa. Untuk itu, dirinya ingin memberikat semngat nilai pelaporan sebagai upaya pemeberantasan korupsi.

“Kita tentu tetap memberikan ruang terhadap asas praduga tak bersalah. Juga tetap pada komitmen ada permasalahan, jangan lari, hadapi permasalahan,”tutupnya.*

 

Laporan Ari Kurniansyah