Jokowi Minta Rute LRT hingga Bogor dan Manggarai Segera Dikaji

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo. | Ist

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek hingga Bogor segera dikaji.

“Saya minta segera distudi pembangunan LRT hingga ke kita Bogor,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) terkait integrasi moda transportasi publik di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 27/9/2023.

Bacaan Lainnya

Menurut Jokowi, pemerintah perlu segera merealisasikan rencana pembangunan rute LRT Jakarta-Bogor. Jokowi menyatakan bahwa LRT Jabodebek, yang saat ini menghubungkan Bekasi-Jakarta dan Cibubur-Jakarta, selalu dipadati penumpang.

“Karena kalau kita lihat LRT yang sekarang sudah penuh terus,” ujarnya.

Jokowi juga mendorong percepatan pembangunan LRT Jakarta dari Kelapa Gading hingga Manggarai guna memperluas jaringan transportasi umum.

“Dan juga pembangunan jalur LRT Kelapa Gading menuju Manggarai agar cakupan dan jangkauan transportasi massal ini semakin meluas,” kata dia.

Jokowi meminta jajaran pemerintahannya untuk memastikan bahwa semua moda transportasi publik yang ada bersifat ramah terhadap lansia, warga dengan disabilitas, anak-anak dan ibu hamil.

“Yang terakhir, pastikan moda transportasi kita ramah terhadap pengguna lanjut usia, disabilitas, juga bagi anak-anak dan ibu hamil,” ujar Jokowi.

Ratas itu sendiri dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto, hingga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.*