4 Gaya Hidup yang Harus Diterapkan Bagi Penderita GERD

Ilustrasi GERD
Ilustrasi GERD | Ist

FORUM KEADILAN – Refluks asam lambung atau yang sering dikenal dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Diese) adalah  penyakit kronis pada sistem percernaan yang menimbulkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

GERD ini ditandai dengan nyeri ulu hati disertai mual dan juga dada terasa panas seperti terbakar atau heartburn.

Bacaan Lainnya

Tanda lainnya yang muncul akibat GERD adalah sering bersendawa, regurgitasi atau merasa isi perut kembali ke tenggorokan atau mulut, dan kesulitan menelan.

GERD yang tidak diobati dengan segera dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius dan dapat menghambat aktivitas Anda.

berikut ada beberapa tips gaya hidup untuk Anda yang harus diterapkan bagi penderita GERD untuk bisa sembuh:

  1. Mengubah pola makan dan diet sehat

Sangat disarankan untuk Anda yang memiliki riwayat GERD dan tidak memiliki pola makan yang tidak sehat agar segera mengubahnya.

Faktor utama yang bisa memicu asam lambung naik adalah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan tinggi lemak dan gorengan, makanan pedas dan asam, alkohol, dan minuman seperti kopi, teh dan alkohol.

Memilih makanan bernutrisi dengan gizi seimbang sangat penting untuk menghindari GERD, beberapa makanan yang cocok untuk memenuhi adalah sayuran hijau, daging tanpa lemak, buah-buahan seperti pisang dan melon, oatmeal, roti gandum, dan nasi merah

  1. Makan dalam porsi yang lebih sedikit, tapi sering

Makan dalam jumlah porsi yang besar dan berlebihan akan mengakibatkan peningkatan tekanan dalam perut dalam dan memproduksi banyak asam lambung yang berujung pada heartburn.

Perlu juga diperhatikan agar tidak menunda jam makan agar menghindari risiko-risiko lainnya.

  1. Rutin olahraga

Rutin berolahraga bertujuan untuk tetap sehat dan membantu menjaga berat badan ideal.

Mengutip dari WebMD, berat badan yang berlebihan dapat menekan perut Anda dan mempengaruhi sfingter esofagus bagian bawah yang akan mengakibatkan gejala refluks asam lambung yang buruk.

Dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga akan mengurangi GERD dan penyakit lainnya.

tetapi perlu di ketahui bahwa tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan khususnya bagi penderita GERD, maka dari itu pilih lah olahraga ringan seperti jogging, yoga, atau berenang dan hindari olahraga berat seperti lari sprint dan angkat berat.

  1. Mengelola stres

Masih banyak yang tidak mengetahui hubungan stres dan kambuhnya GERD

Riset penelitian mengatakan, stres juga merupakan faktor yang dapat membuat GERD menjadi kambuh.

Tingkat stres yang tinggi meningkatkan produksi asam lambung dan respon stres menyebabkan ketegangan otot yang akan berlangsung lama, dan akan mempengaruhi otot-otot disekitar perut , dapat meningkatkan tekanan pada organ hingga mendorong asam naik ke atas.

Meredakan GERD bisa dilakukan dengan mengelola stres dengan  baik, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola stress Anda yaitu dengan mempraktikan teknik relaksasi seperti mendengarkan musik yang menenangkan, tidur yang cukup, melakukan yoga atau meditasi juga bisa menyalurkan stres Anda.

Dianjurkan juga untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan saran penanganan lebih tepat, semoga bermanfaat!

 

Laporan Michelle Angella