5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Ilustrasi bawang putih
Ilustrasi bawang putih | ist

FORUM KEADILAN – Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang tidak menyukai bawang putih karena aromanya yang tajam.

Bawang putih sering digunakan sebagai bumbu masakan di hampir semua jenis hidangan untuk meningkatkan cita rasa makanan.

Bacaan Lainnya

Selain untuk bumbu masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh kandungan bawang putih yang mengandung mangan, vitamin C, selenium, serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, vitamin B1, vitamin B6, kalium, dan antioksidan.

Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan kalori yang rendah.

Manfaat bawang putih tersebut dapat diperoleh dengan berbagai cara, seperti mengonsumsinya mentah, mengolahnya terlebih dahulu, atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen ekstrak.

Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan.

1. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol sekitar 10-15 persen. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat allicin dalam bawang putih yang berfungsi menghambat pembentukan kolesterol jahat (LDL) di hati.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mentah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap berbagai infeksi dan penyakit, seperti flu dan infeksi sistemik atau kulit.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan allicin dalam bawang putih dapat merilekskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.

4. Mencegah Kanker

Bawang putih dipercaya dapat mencegah kanker, termasuk kanker usus besar.

Mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin bersama dengan buah-buahan dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar, karena bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-kanker.

Meskipun demikian, efektivitas bawang putih dalam menurunkan risiko kanker perlu diteliti lebih lanjut.

5. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang putih bermanfaat dalam mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Antioksidan dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif.*

Laporan Sandra Ridhola Veronica