Saga Berakhir, Lukaku Gabung AS Roma

Setelah saga tanpa henti sepanjang Juli - Agustus 2023, Romelu Lukaku sepakat bergabung dengan AS Roma dengan status pinjaman dari Chelsea | (Photo by GOAL)

FORUM KEADILAN – Saga mengenai masa depan Romelu Lukaku akhirnya terjawab sudah. Striker asal Belgia itu sepakat bergabung dengan AS Roma jelang penutupan jendela transfer musim panas 2023/2024 ini.

Lukaku diboyong Giallorossi dengan status pemain pinjaman dari Chelsea selama semusim penuh ke depan.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, situasi Lukaku terbilang cukup pelik. Pria 30 tahun itu sudah tak lagi diinginkan oleh Inter Milan yang meminjamnya pada musim lalu, demikian juga halnya dengan The Blues selaku klub induk.

Awalnya, Lukaku awalnya sempat diyakini bakal dipermanenkan Inter. Namun, kubu Nerazzurri membatalkan rencananya setelah mengetahui Lukaku diam-diam menjalin komunikasi dengan Juventus.

Inter merasa dikhianati Lukaku karena ketika mereka sedang melakukan upaya negosiasi dengan Chelsea, sang pemain tidak menunggu proses transfer sampai selesai, tetapi malah alih-alih mencari celah berhubungan dengan klub lain.

“Kita tidak akan pernah bertemu lagi, Lukaku. Anda telah mengecewakan kami semua. Kami selalu membela Anda di masa-masa sulit, dan sekarang Anda menikam kami dari belakang. Anda menjual diri Anda kepada penawar tertinggi setelah mencium logo klub kami. Anda bukan pria sejati,” demikian pernyataan dari kelompok suporter Curva Nord.

Selain dari pihak suporter, Lukaku juga dicap pengkhianat oleh sejumlah elemen Inter lainnya, mulai dari pelatih Simone Inzaghi, wakil presiden Javier Zanetti, hingga legeda Walter Zenga.

Sayang bagi Lukaku, keinginannya merapat ke Juventus tak bisa terwujud. Pasalnya, selain proses nego dengan Chelsea berjalan buntu, kehadirannya juga ditolak oleh tifosi Bianconeri.

Agar didengar para petinggi klub, penggemar Juventus melakukan protes di dalam maupun luar lapangan. Ada yang terang-terangan menolak. Ada juga yang menyampaikan penolakan lewat sindiran.

Salah satu yang unik tersebar di media sosial. Ultras Juventus membentangkan spanduk yang berbunyi: “Lukaku tetaplah di Milan. Kami tidak perlu kiper kedua!”

Sindiran ‘kiper kedua’ ini disampaikan karena Lukaku pernah melakukan aksi ‘mencegah rekan sendiri untuk mencetak gol’ secara tidak sengaja.

Penolakan juga terdengar di Allianz Stadium. Ratusan penggemar Juventus meneriakkan seruan: “Kami tidak ingin Lukaku!”.

Berbeda dengan di Inter dan Juventus, Lukaku justru kini disambut meriah oleh tifosi AS Roma. Seperti diberitakan sebelumnya, Roma dan Chelsea telah mencapai kata sepakat untuk transfer Lukaku.

Roma akan meminjam Lukaku selama setahun. Biaya peminjamannya senilai 5,8 juta euro. Pemain berusia 30 tahun tersebut akan mendapat gaji sebesar 7,5 juta euro di Olimpico.

Ribuan suporter Roma menunggu kedatangan Lukaku di Bandara Ciampino, Roma, pada Selasa (29/8/2023) malam WIB. Ketika sudah mendarat, Lukaku pun disambut meriah.

Akankah aksi Lukaku yang diprediksi akan berduet dengan Paulo Dybala di lini depan Roma bakal menjadi momok menakutkan bagi tim-tim Serie A lainnya? Patut ditunggu!