Kebakaran di Lab IPB Tewaskan Mahasiswa S2, Polisi Selidiki

Kampus IPB
Kampus IPB | dok. IPB

FORUM KEADILANKebakaran di laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB), Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menewaskan mahasiswa S2 Ilmu Nutrisi dan Pakan, Laila Atika Sari. Polisi selidiki.

Kapolsek Dramaga AKP Budi Sehabudin mengatakan, pihaknya bersama Puslabfor Polri telah melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Dari hasil olah TKP, dinyatakan masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut terkait adanya ledakan tersebut.

Bacaan Lainnya

Budi menjelaskan, korban mengalami luka bakar akibat ledakan tersebut. Korban sempat mendapat perawatan medis, namun nyawanya tak tertolong.

“Korban Laila Atika Sari mengalami luka bakar akibat ledakan tersebut. Pada saat kejadian, mahasiswa yang berada di sekitar laboratorium sempat melakukan pertolongan kepada korban, dan berusaha memadamkan api,” jelasnya dalam keterangan, Senin, 21/8/2023.

Kronologi

Sebelumnya, pihak IPB menjelaskan, pada Jumat, 18/8, Laila Atika Sari sedang berada di laboratorium untuk melaksanakan penelitian S2-nya. Laila sedang melakukan analisis lemak bahan pakan dengan metode soxhlet.

Kemudian sekitar pukul 16.00 WIB terjadi kebakaran di laboratorium tersebut dan mengenai Laila.

Para mahasiswa lain yang berada di sekitar lokasi kejadian pun bergegas membantu memadamkan api dan menolong Laila. Selanjutnya, Laila dibawa dengan ambulans IPB ke Rumah Sakit Medika Dramaga guna mendapat pertolongan.

Berdasarkan keterangan dokter yang melayani, Laila perlu dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas perawatan yang lebih baik. Malam itu juga, tim IPB dan keluarga sepakat membawa Laila ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Laila sempat mendapat perawatan intensif di RSCM. Namun, pada Sabtu, 19/8 sekitar pukul 10.00 WIB, Laila dinyatakan meninggal dunia.

“Atas kehendak-Nya, setelah mendapat penanganan intensif dari tim dokter RSCM, pagi ini Sabtu, 19 Agustus 2023, sekitar pukul 10.00 WIB, Laila Atika Sari meninggal dunia. Almarhumah akan dikebumikan di Serang, sore ini,” tutup keterangan IPB.*