Endo Debut, Liverpool Hajar Bournemouth 3-1

Liverpool benamkan Bournemouth 3-1 di Anfield dalam lanjutan Liga Inggris musim 2023/2024 | (Photo by Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images)

FORUM KEADILANLiverpool berhasil memetik kemenangan perdana dalam lanjutan pekan kedua Liga Inggris musim 2023/2024 setelah menghajar Bournemouth 3-1 di Anfield, Sabtu (19/8) malam WIB.

Laga ini sekaligus menandai tampilnya debutan teranyar Liverpool asal Jepang, Wataru Endo. Endo yang baru saja ditransfer dari klub Bundesliga, Vfb Sttutgart, turun pada menit ke-63 untuk menggantikan Cody Gakpo.

Bacaan Lainnya

Dalam pertandingan ini, Bournemouth sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Antoine Semenyo. Namun, Liverpool berhasil membalas berkat gol Luis Diaz, Mohamed Salah dan Diogo Jota.

Berkat tambahan tiga poin ini, The Reds naik ke peringkat tiga klasemen sementara EPL dengan raihan empat poin. Sementara Bournemouth harus rela turun ke peringkat 14.

Bermain di depan puluhan ribu Kopites, Liverpool mengawali laga dengan percaya diri. Namun sayang, baru tiga menit laga berjalan, gawang mereka justru bobol duluan.

Berawal dari Trent Alexander-Arnold yang salah kontrol, bola berhasil direbut Dominic Solanke. Sang striker mencoba masuk ke kotak penalti lawan tapi bola giringannya membentur kaki pemain belakang Liverpool.

Bola yang bergerak liar langung disambar Antoine Semenyo menjadi gol. Bournemouth unggul 1-0 atas tuan rumah.

Tertinggal 1 gol membuat Liverpool menaikkan tempo serangan mereka. The Anfield Gank mengurung pertahanan Bournemouth dengan serangan-serangan mereka. Namun sayang, beberapa peluang emas yang mereka ciptakan gagal terkonversi menjadi gol.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-27. Berawal dari umpan tarik Diogo Jota, Luis Diaz mengontrol bola lalu melepaskan tembakan setengah salto yang menjebol gawang Bournemouth. Skor imbang 1-1.

Gol tersebut membuat Liverpool kian percaya diri dalam menyerang. Di menit ke-35, Bournemouth dihukum penalti oleh wasit setelah Joe Rothwell menjatuhkan Dominik Szoboszlai di kotak terlarang.

Mohamed Salah yang menjadi eksekutor reguler sempat gagal melakukan tugasnya karena Neto berhasil membaca arah bola dengan tepat. Namun, bola rebound itu jatuh kembali ke kaki Salah dan winger asal Mesir itu tidak menyia-nyiakan peluangnya untuk mencetak gol. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Di sisa babak pertama ini Liverpool mencoba untuk menambah keunggulan, namun skor 2-1 bertahan untuk keunggulan The Reds.

Memasuki babak kedua, Liverpool tidak mengendorkan permainan mereka. Jurgen Klopp meminta anak asuhnya untuk tetap intens menyerang tim tamu.

Tetapi di menit ke-58, Liverpool harus bermain dengan 10 pemain. Alexis Mac Allister mendapatkan kartu merah langsung akibat pelanggaran kerasnya kepada Ryan Christie.

Kekurangan satu pemain, Liverpool justru berhasil membuat gol ketiga mereka pada menit ke-61.

Berawal dari tembakan keras dari Szoboszlai dari luar kotak penalti, bola tidak dihentikan sempurna oleh Neto. Bola muntah kemudian disambar Diogo Jota menjadi gol. Skor 3-1 untuk Liverpool.

Di menit ke-63, Jurgen Klopp melakukan pergantian pemain. Endo turun gelanggang untuk pertama kalinya dalam balutan seragam merah. Ia ditugaskan Klopp untuk menambal lini tengah Liverpool yang kehilangan MacAllister beberapa menit sebelumnya.

Kapten Timnas Jepang yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan itu menggantikan Cody Gakpo yang lebih bertipikal menyerang. Klopp sepertinya ingin lebih meredam potensi serangan dari The Cherries sekaligus menjaga keunggulan hingga laga berakhir.

Benar saja, meski unggul jumlah pemain, Bournemouth seakan tidak berdaya menghadapi Liverpool. Justru anak-anak Merseyside yang terus menekan dan mengincar gol keempat mereka ke gawang tim lawan.

Namun, memasuki 10 menit terakhir pertandingan, Bournemouth mulai menaikkan intensitas serangan mereka. Tetapi, lini pertahanan Liverpool yang dikomandoi Virgil van Dijk masih mampu menghalau serangan-serangan sang tamu.

Liverpool akhirnya berhasil menjaga keunggulan 3-1 sekaligus meraup tiga poin perdana dalam musim baru Premier League 2023/2024.

 

 

Daftar Susunan Pemain :

 

Liverpool (4-3-3):¬†Alisson; Robertson, Van Dijk, Konate, Alexander-Arnold (Gomez 73′); Gakpo (Endo 63′), Mac Allister, Szoboszlai; Diaz (Tsimikas 87′), Jota (Elliott 76′), Salah (Nunez 87′)

Pelatih: Jurgen Klopp

Bournemouth (4-2-3-1):¬†Neto; Kerkez, Senesi (Traore 84′), Zabarnyi, Aarons; Rothwell (Kelly 76′), Billing; Anthony (Moore 63′), Christie (Kluivert 63′), Semenyo (Brooks 76′); Solanke

Pelatih: Andoni Iraola