4 Peringatan di Tanggal 18 Agustus, Apa Saja?

18 Agustus
18 Agustus | Ist

Forum Keadilan – Terdapat sejumlah momen penting diperingati setiap tanggal 18 Agustus.

Dalam penanggalan kalender Masehi, tanggal 18 Agustus 2023 jatuh pada hari Jumat, di pekan ketiga bulan Agustus.

Tanggal 18 Agustus ini diperingati sebagai Hari Konstitusi Republik Indonesia.

Selain Indonesia, tanggal 18 Agustus ternyata juga menyimpan momen penting di sejumlah negara di dunia.

Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 18 Agustus 2023 :

  1. Hari Konstitusi Republik Indonesia

Tanggal 18 Agustus salah satu tanggal yang bersejarah bagi negara Indonesia yaitu yang diperingati sebagai Hari Konstitusi.

Mengutip situs resmi Kementerian Hukum dan HAM RI, peringatan Hari Konstitusi ini mengacu pada disahkannya UUD 1945 melalui Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI atau Dokuritsu Junbi Inkai). Sidang ini digelar sehari pasca-kemerdekaan, yakni pada 18 Agustus 1945.

Penetapan 18 Agustus sendiri dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008. Penetapan 18 Agustus sebagai Hari Konstitusi tertuang dalam Keppres Nomor 18 Tahun 2008 tentang Hari Konstitusi Indonesia.

  1. Parade Piala Emas di Kanada Atlantik

Tanggal ini bertepatan dengan pelaksanaan Parade Piala Emas di Kanada Atlantik yang digelar setiap Jumat ketiga di Agustus.

Parade ini dilaksanakan pertama kali pada tahun 1962. Kegiatan ini diinisiasi oleh Bill Hancox dan Frank Acorn yang bertujuan untuk menghidupkan kembali Old Home Week di Charlottetown. Awal mula, mereka ingin meningkatkan industri balap Prince Edward Island karena mulai kehilangan daya tariknya bagi penonton.

  1. Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia

Tanggal 18 Agustus secara resmi ditetapkan sebagai Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia oleh Yayasan Cinta dr Susan pada Mei 2021. Hari ini diperingati bukan untuk memberi perhatian pada kanker payudara saja, melainkan juga pada jumlah kerja dan upaya yang telah dilakukan untuk memahami dan mengobati penyakit ini.

Diharapkan, dengan adanya Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia akan menjadi hari penting dalam sejarah yang memungkinkan mencapai dunia bebas kanker payudara.

Kanker payudara sendiri merupakan penyakit yang rumit. Penderitanya tidak hanya mengalami penderitaan fisik tetapi juga emosional. Untuk itu hari ini diperingati untuk smeua yang berjuang melawan kanker payudara di bumi ini.

  1. Hari Pasangan

Tanggal 18 Agustus juga diperingati sebagai Hari Pasangan atau Couple’s Days. Hari pasangan merupakan hari istimewa yang dirayakan oleh setiap pasangan.

Melansir National Today, hari ini diperingati untuk memberi ruang bagi pasangan agar saling memahami. Selain itu, juga bisa membicarakan masalah yang dihadapi dalam huungan dengan cara yang lebih baik.

Saat peran berkembang dan pikiran kolektif meluas, pasangan akan menjadi lebih kuat dan lebih bahagia. Pasangan yang bahagia adalah pasangan yang sehat.*

 

LaporanĀ Lulu Farha Chaerani