Tips Menabung untuk yang Hobi Travelling

Ilustrasi traveling
Ilustrasi traveling | ist

FORUM KEADILANTraveling merupakan kegiatan perjalanan dan bepergian seseorang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Traveling bukan untuk liburan saja, namun bisa untuk bisnis, pekerjaan, dan membuat konten.

Dengan traveling Anda bisa mendapatkan relasi, karena akan selalu bertemu dengan orang baru, bertukar pikiran dan membuat pengalaman menjadi berkesan.

Manfaat lain dari traveling juga bisa mengurangi stres pada diri seseorang. Sebelum melakukan traveling penting untuk mempersiapkan semuanya, termasuk dana.

Berikut tips menabung yang dapat dicoba sebelum memulai traveling.

1. Tentukan Tujuan dan Membuat Anggaran Biaya

Langkah pertama adalah menentukan ke mana tujuan traveling, dengan membuat daftar tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi dan menentukan waktu keberangkatan Anda bisa mempersiapkan dana dengan maksimal.

Rinci budget dengan detail, karena untuk menyediakan dana lebih mengantisipasi hal tak terduga. Dari budget tersebut bisa diperkirakan berapa biaya traveling yang dibutuhkan.

2. Buat Tabungan Khusus

Hal ini penting untuk persiapan liburan agar tidak tercampur dengan tabungan lain. Banyak yang sudah membuktikan bahwa ketika mencampur dana traveling ke dalam satu rekening rentan terpakai untuk pengeluaran lain.

Jadi ada baiknya untuk mengkhususkan tabungan tersebut.

3. Konsisten Nabung dengan Kurangi Pengeluaran yang Tak Penting

Membuat tabungan khusus harus berkomitmen, karena dengan konsisten akan membuahkan hasil. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting, misalnya nongkrong, shopping dan lainnya.

4. Penghasilan Tambahan

Dalam hal ini juga dapat membuat usaha sampingan yang bisa menambah hasil, dan mencoba bekerja paruh waktu (part-time) agar tidak mengganggu rutinitas pekerjaan utama.

Anggap lah usaha sampingan sebagai hobi yang menghasilkan.*

Laporan Sukma Cempaka