Kapal Speedboat Bawa 4 Turis Australia Hilang Kontak di Laut Aceh

Ilustrasi Speedboat
Ilustrasi Speedboat | ist

FORUM KEADILANKapal cepat (speedboat) yang membawa Warga Negara Asing (WNA) asal Australia hilang kontak di Perairan Sarang Alu dan Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, pada Minggu, 13/8/2023.

Kepala Basarnas Nias Octavianto mengatakan, ada dua speedboat yang membawa 12 turis Australia dan lima Warga Negara Indonesia (WNI) yang bergerak dari Nias Utara menuju Pinang Resort di Aceh Singkil, Minggu, 13/8.

Bacaan Lainnya

Satu kapal berisi 10 penumpang dan satu kapal lagi berisi tujuh. Kapal yang berisi tujuh orang lah yang dilaporkan hilang.

“Tadi malam pihak Pinang Resort melaporkan satu speedboat dengan 10 penumpang sudah tiba di Pulau Pinang, sedangkan satu speedboat lainnya dengan 7 POB belum sampai juga,” kata Octavianto kepada wartawan, Senin, 14/8.

Octavianto menyebut, Basarnas mengerahkan KN SAR Nakula 230 dan RIB 04 Nias untuk pencarian. Selain itu, Basarnas juga telah berkoordinasi dengan Basarnas Command Center (BCC), Pengelola Pinang Resort, Satgas SAR Pulau Banyak dan Panglima Laut Pulau terkait posisi terakhir serta keadaan korban.

Berikut identitas tujuh orang dalam kapal speedboat yang hilang:

  1. Elliot Foote – WNA
  2.  Steph Weisse – WNA
  3. Will Teagle – WNA
  4. Jordan Short – WNA
  5.  Yunardi Ardi (WNI, manager)
  6. Fivan (WNI, crew)
  7. Kibal (WNI, crew).*